alexametrics

Bali Alami Cuaca Panas, Ini Penjelasan BMKG

loading...
Bali Alami Cuaca Panas, Ini Penjelasan BMKG
Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah III Denpasar menyatakan peningkatan suhu yang terjadi di sejumlah daerah di Bali dalam seminggu ini dipengaruhi adanya fenomena gerak semu matahari. Foto suasana Pantai Kuta Dok SINDOnews
A+ A-
DENPASAR - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah III Denpasar menyatakan peningkatan suhu yang terjadi di sejumlah daerah di Bali dalam seminggu ini dipengaruhi adanya fenomena gerak semu matahari. Prakirawan Cuaca BMKG Wilayah II Bali Putu Agus Dedy Permana mengatakan suhu panas ini tak terkait dengan peningkatan aktivitas erupsi Gunung Agung.

“Faktor cuaca juga sebagai penyebab dimana cuaca berawan ini menyebabkan panas yang dipancarkan oleh matahari dan secara langsung mencapai ke permukaan bumi khususnya di Bali,” kata dia, Jumat (11/1/2019).

Sementara itu cuaca panas maksimum menembus 32 derajat hingga maksimum 35 derajat celcius ini tidak mempengaruhi wisatawan berkunjung ke Pantai Kuta mereka masih merasa enjoy berlibur di Bali.



Putu Agus Dedy Permana memperkirakan, fenomena gerak semu matahari masih akan terjadi beberapa hari kedepan.

“Hal yang sama terjadi pada malam hari cenderung mendung sehingga menyebabkan panas yang seharusnya terlepas ke angkasa tersebut akan tertahan. Sehingga suhu akan terjebak di permukaan bumi dan mengakibatkan suhu semakin panas,” tandasnya.
(sms)
preload video
loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak