Dampak Hujan Abu Vulkanik Gunung Agung Cemaskan Warga

Jum'at, 11 Januari 2019 - 15:07 WIB
Dampak Hujan Abu Vulkanik Gunung Agung Cemaskan Warga
Dampak Hujan Abu Vulkanik Gunung Agung Cemaskan Warga
A A A
BANGLI - Warga Desa Abang Batu Dinding, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali mulai was-was akibat daerahnya paling parah terpapar hujan abu vulkanik Gunung Agung, Jumat siang (11/1/2019). Untuk mengantisipasi kerugian yang besar para petani setempat mulai melakukan penyiraman terhadap tanamannya yang terpapar abu.

Kepala Desa Abang Batu Dinding I Made Diksa mengatakan, hujan abu vulkanik melanda wilayah ini pada Kamis malam 10 Januari 2019 berlangsung selama setengah jam, pasca-Gunung Agung mengalami erupsi magmatic. Akibatnya paparan abu vulkanik banyak menempel di kendaraan bermotor hingga tanaman pertanian warga.

“Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan petani langsung melakukan penyiraman sebab seperti pengalaman sebelumnya dampak paparan abu vulkanik bisa menyebabkan tanaman seperti cabai, bawang dan berbagai komuditas pertanian lainnya rawan terancam mati,” kata dia.

Hujan abu vulkanik yang terjadi secara tiba-tiba tersebut, kata dia, sempat membuat warga panik. Sebab pasokan alat pelindung diri berupa masker yang ada di desanya saat ini kosong.

Sesuai laporan yang diterima PVMBG hujan abu vulkanik melanda sejumlah wilayah di bagian utara dan barat laut Gunung Agung. Selain wilayah Desa Abang Batu Dinding sejumlah desa di Kecamatan Kintamani seperti Desa Terunyan hingga sejumlah wilayah perbatasan Kabupaten Bangli dengan Kabupaten Buleleng juga terkena dampaknya.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7942 seconds (0.1#10.140)