BPBD Kobar Bendung Sementara Pesisir Desa Keraya Pakai Ban Bekas

Kamis, 10 Januari 2019 - 15:01 WIB
BPBD Kobar Bendung Sementara Pesisir Desa Keraya Pakai Ban Bekas
BPBD Kobar Bendung Sementara Pesisir Desa Keraya Pakai Ban Bekas
A A A
KOTAWARINGIN BARAT - Abrasi di pesisir Desa Sebuai dan Keraya, Kecamatan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kalteng, terus menggerus bibir pantai. Bahkan air hampir mencapai permukiman warga setempat.

Untuk mengatasi hal tersebut, petugas BPBD Kobar akan membuat tanggul pemecah ombak sementara di area bibir pantai yang terkena abrasi. Bahan yang digunakan ban bekas yang diisi pasir dan ditumpuk di bibir pantai.

“Untuk mengatasi abrasi di Desa Sebuai dan Keraya kita mulai membuat penangganan sementara dengan membendung bibir pantai memakai tumpukan ban bekas yang berisi pasir supaya air tidak menggerus jalan desa hingga ke permukiman. Kemarin kita dapat batuan ban bekas dari sejumlah masyarakat dan perusahaan. Kemarin 70 biji ban besar. Dan masih banyak lagi yang akan memberikan,” ujar Kepala BPBD Kobar, Petrus Rindra, Kamis (10/1/2019).

Dia mengatakan, selama cuaca buruk dan ombak tinggi dipastikan wilayah di pesisir dua desa tersebut terjadi abrasi di bibir pantai. Untuk itu ke depan akan kita prioritaskan penguatan dan peninggian tanggul yang sudah ada. “Kalau ombak tinggi memang ombak bisa mencapai daratan. Jadi ke depan tanggul yang sudah ada akan kita kuatkan lagi.”

Sementara itu, di wilayah Perkotaan Pangkalan Bun jika hujan lebat, disejumlah titik juga terkena banjir. Untuk itu pihaknya mengimbau instansi terkait dalam hal ini Dinas Pekerjaan Umum dan Dinas Lingkungan Hidup melakukan pembersihan parit parit. Sebab penyebab banjir di dalam kota disebabkan banyaknya parit yang tersumbat oleh sampah.

“Instansi terkait supaya mempelopori pembersihan parit di sejumlah titik di dalam Kota Pangkalan Bun. Supaya saat hujan lebat tidak banjir karena parit yang tersumbat sampah,” pungkasnya.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9991 seconds (0.1#10.140)