KPU Banten Catat 31 Pemilih Jadi Korban Tsunami Selat Sunda

Kamis, 10 Januari 2019 - 05:42 WIB
KPU Banten Catat 31 Pemilih Jadi Korban Tsunami Selat Sunda
KPU Banten Catat 31 Pemilih Jadi Korban Tsunami Selat Sunda
A A A
SERANG - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Banten mencatat sebanyak 31 warga yang masuk daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu 2019 meninggal dunia pascabencana tsunami.

Berdasarkan data yang diterima dari KPU Banten, warga yang meninggal berasal dari Kecamatan Cigeulis sebanyak 6 orang, Kecamatan Panimbang 21 orang, Kecamatan Sobang 2 orang dan dari Kecamatan Pulosari 2 orang.

“Itu baru data sementara, kita belum dapat lagi update selanjutnya. Sampai sekarang kita terus lakukan update data DPT yang meninggal ada berapa saja, termasuk yang di Kabupaten Serang,” kata Ketua KPU Banten Wahyul Furqon usai menghadiri diskusi Jaringan Demokrasi Indonesia (Jadi), Rabu (9/1/2019).

Selain pendataan jumlah DPT yang meninggal dunia, KPU juga akan merencanakan pemindahan lokasi TPS baru. Sebab, banyak masyarakat yang akan menempati lokasi baru di Hunian Sementara (huntara).

“Kita terus mengupdate data-data itu, termasuk TPS-nya juga. Supaya kita lebih mudah melakukan pemetaan TPS apabila ada rencana relokasi dari pemerintah. Pengaruhnya kan nanti ke partisipasi pemilih juga,” ujarnya.

Dia mengkhawatirkan dengan kurangntya kordinasi antarpemerintah daerah partisipasi pemilih di wilayah terdampak bencana akan mengalami penurunan drastis.

“Kami masih menunggu informasinya seperti apa. Yang parah itu kan di Sumur. Ada beberapa desa berdasarkan informasi yang kita terima lokasi TPS-nya juga ikut hilang. Makanya, kalau relokasi dilakukan dekat menjelang pemilu, ini pasti akan repot,” tandasnya.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4434 seconds (0.1#10.140)