Takut dengan Jammer GPS Rusia, Maskapai Negara NATO Ini Tangguhkan Seluruh Penerbangan

Selasa, 30 April 2024 - 14:41 WIB
loading...
Takut dengan Jammer GPS Rusia, Maskapai Negara NATO Ini Tangguhkan Seluruh Penerbangan
Finnair, maskapai nasional Finlandia (negara NATO), tangguhkan seluruh penerbangannya ke Estonia karena takut pada jammer GPS Rusia yang berbahaya. Foto/REUTERS
A A A
HELSINKI - Maskapai penerbangan nasional Finlandia, Finnair, mengatakan untuk sementara waktu menangguhkan seluruh penerbangannya ke kota terbesar kedua di Estonia. Mereka takut dengan jammer GPS Rusia yang berbahaya.

Penghentian sementara operasi penerbangan itu dilakukan setelah dua pesawat milik Finnair dilarang mendarat di Tartu, Estonia, karena gangguan GPS.

Penyebab gangguan GPS yang memaksa kedua penerbangan tersebut kembali ke Helsinki pada Kamis dan Jumat lalu belum diketahui secara pasti.

Hanya saja, para pejabat Estonia menyalahkan gangguan GPS di wilayah tersebut pada Rusia. Finlandia dan Estonia merupakan anggota NATO.



Pendekatan pesawat ke Bandara Tartu saat ini mengandalkan sinyal GPS, kata Finnair, yang merupakan satu-satunya maskapai penerbangan yang terbang ke kota itu.

Namun ada alat navigasi lain yang dapat digunakan—dan maskapai tersebut mengatakan akan menangguhkan penerbangan harian ke sana mulai 29 April hingga 1 Juni sehingga solusi alternatif dapat dipasang di bandara.

“Sebagian besar bandara menggunakan metode pendekatan alternatif, namun beberapa bandara, seperti Tartu, hanya menggunakan metode yang memerlukan sinyal GPS untuk mendukungnya,” kata Jari Paajanen, direktur operasi Finnair, seperti dikutip Mirror, Selasa (30/4/2024).

Finnair mengatakan gangguan GPS telah meningkat selama dua tahun terakhir.

“Pilot Finnair telah melaporkan gangguan terutama di dekat Kaliningrad, Laut Hitam, Laut Kaspia, dan Mediterania Timur,” kata perusahaan itu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0880 seconds (0.1#10.140)