alexametrics

Cari Pendaki Hilang, Tim SAR Sisir Jurang di Gunung Lawu Utara

loading...
Cari Pendaki Hilang, Tim SAR Sisir Jurang di Gunung Lawu Utara
Alvi Kurniawan (20), pendaki Gunung Lawu yang hilang setelah mendaki saat tahun baru lalu. Foto/Istimewa
A+ A-
KARANGANYAR - Tim SAR terus mencari Alvi Kurniawan, (20), pendaki Gunung Lawu yang hilang sejak 1 Januari 2019. Pencarian dilakukan dengan menyisir kawasan jurang sampai jalur Singolangu dan Jogorogo, wilayah Gunung Lawu bagian utara.

Koordinator Relawan Cetho, Sunardi mengungkapkan, pencarian saat ini diperluas di kedua jalur pendakian tersebut karena terhitung masih baru dan kondisinya sepi. “Saat ini fokusnya di Singolangu dan Jogorogo, medannya lebih berat dibanding jalur lain,” ungkap Sunardi kepada Sindonews, Minggu (6/1/2019).

Kedua jalur pendakian itu banyak jurang, hutan lebat, dan alang-alang. Kendala yang dihadapi tim SAR karena sejauh ini belum ditemukan jejak yang dapat dipakai sebagai petunjuk baru. Deteksi melalui telepon selular yang dibawa Alvi juga sudah tidak bisa karena sinyalnya tak terlacak lagi.



Meski demikian, secara umum cuaca di gunung di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur tersebut cukup mendukung proses pencarian. Namun sekali lagi jejak jejak yang diharapkan bisa menjadi petunjuk belum ada.

Padahal, pendakian Gunung Lawu telah dikosongkan sejak proses pencarian dilakukan. Tim SAR sejak Sabtu 5 Januari 2019 telah menyisir kawasan jurang, seperti di kawasan Sendang Macan, dan Argo Tiling. Fokus titik pencarian lainnya yang masih diperkuat adalah di wilayah Pasar Dieng, tempat terakhir Alvi bertemu dengan rekan rekannya.

Namun, jejak pria asal Desa Mejing, Kecamatan Candi Mulyo, Magelang, Jawa Tengah tersebut belum terdeteksi. Sebelumnya, Alvi Kurniawan mendaki bersama enam rekannya melalui jalur pendakian Candi Cetho, Karanganyar pada 31 Desember 2018 sekitar pukul 08.00 WIB.

Sekitar pukul 19.00 WIB, mereka sampai di bawah pos 5 dan mendirikan tenda. Ketika perjalanan sampai di batas Sabana, rombongan bertemu dengan pendaki perempuan yang menantang Alvi balapan sampai ke puncak dengan iming iming ditraktir makan di Mbok Yem bagi yang menang. Namun setelah itu, keberadaan Alvi belum diketahui.
(wib)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak