alexametrics

Unik, Puluhan Ribu Kerang Terdampar di Pantai Sendangsikucing Kendal

loading...
Unik, Puluhan Ribu Kerang Terdampar di Pantai Sendangsikucing Kendal
Fenomena unik terjadi di Pantai Sendangsikucing, Rowosari, Kendal, Jawa Tengah, Jumat pagi (4/1/2019) dimana puluhan ribu kerang putih terdampar di pantai sepanjang 500 meter. Foto iNews TV/Eddie P
A+ A-
KENDAL - Fenomena unik terjadi di Pantai Sendangsikucing, Rowosari, Kendal, Jawa Tengah, Jumat pagi (4/1/2019) dimana puluhan ribu kerang putih terdampar di pantai sepanjang 500 meter. Kerang berwarna putih ini menjadi rebutan warga untuk dijual dan dinikmati sendiri. Fenomena puluhan ribu kerang ini sudah terjadi sepekan terakhir dan terjadi delapan tahunan.
Unik, Puluhan Ribu Kerang Terdampar di Pantai Sendangsikucing Kendal

Hamparan Pantai Sendangsikucing Rowosari Kendal Jawa Tengah mendadak berubah menjadi putih. Pasir yang ada di pantai sepanjang 500 meter ini tertutup puluhan ribu kerang, Jumat pagi ratusan warga memadati pantai untuk mengambil kerang-kerang ini.

Puluhan ribu kerang ini sudah terdampar di Pantai Sendangsikucing hampir sepekan dikarenakan terbawa gelombang tinggi. Untuk mengambil kerang ini warga tidak perlu berenang ke laut karena sepanjang pantai kerang ini dapat diambil.
Unik, Puluhan Ribu Kerang Terdampar di Pantai Sendangsikucing Kendal

Bahkan di sela-sela bebatuan pantai kerang berwarna putih ini dengan mudah diambil. Menurut Istikomah salah seorang warga munculnya puluhan ribu kerang yang terdampar di daratan pesisir pantai disebabkan kondisi cuaca musim penghujan selama sepekan terakhir.

Warga mengambil kerang ini ada yang dikonsumsi sendiri ada juga yang dijual. Jika dijual bisa sampai Rp40 ribu per kilogramnya. Apalagi sudah terpisah dengan cangkangnya harganya lebih mahal.



Sementara itu Petugas Pengawas Pantai Sendangsikucing Trimo Muncul mengatakan, fenomena ini terjadi delapan tahunan sekali.

Dimana hewan laut berupa kerang banyak yang muncul dan terdampar ke pesisir daratan pantai. Dibandingkan pada tahun sebelumnya jumlah kerang yang terdampar di Pantai Sendangsikucing lebih banyak.

Menurutnya warga di sekitar pesisir pantai memanfaatkan kesempatan itu dengan mengumpulkan kerang-kerang untuk dikonsumsi. Dalam sehari bisa mengumpulkan kerang sebanyak 3 sampai 4 karung.
(sms)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak