Awal 2019 Labuan Pandeglang Teredam Banjir Setinggi Lima Meter

Selasa, 01 Januari 2019 - 15:23 WIB
Awal 2019 Labuan Pandeglang Teredam Banjir Setinggi Lima Meter
Awal 2019 Labuan Pandeglang Teredam Banjir Setinggi Lima Meter
A A A
LABUAN - Pada awal 2019 wilayah Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang, Banten, terendam banjir setinggi lima meter. Akibatnya warga Kampung BTN Sentul, Desa Teluk, Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang terpaksa mengungsi.

Seorang warga, Radi (42), mengatakan, banjir disebabkan hujan sejak malam tak kunjung berhenti hingga pagi. Akibatnya, sungai Cipunten tak dapat menampung debit air sehingga meluap ke perkampungan.

"Ini air dari atas, sungai itu (Cipunten) enggak bisa nampung air sehingga terus meluap. Sebelumnya juga sudab pernah kebanjiran saat tsunami kemarin," kata Radi kepada wartawan, Selasa (1/1/2019).

Menurut Radi ada 500 kepala keluarga yang sudah dievakuasi oleh petugas gabungan dari Basarnas, Polri, dan TNI, ke pengungsian dan rumah kerabatnya. "Kalau hujan enggaj berhenti, ketinggian air bisa mencapai atap rumah. Sekarang aja ada 1,5 meter sampai lima meteran," ujarnya.

Dansat Brimob Polda Banten Kombes Pol Reeza Herasbudi mengatakan, sebanyak 30 petugas dikerahkan untuk membantu evakuasi warga. Bahkan, petugas bersusah payah membujuk warga yang enggan dievakuasi dari rumahnya.

"Kegiatan evakausi terus berjalan karena masih ada warga yang masih bertahan di rumahnya. Dikhawatirkan ketinggian air semakin bertambah," katanya.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4676 seconds (0.1#10.140)