Pertukaran Pelajar Universitas AMIKOM Yogya dan Universitas Spanyol

Senin, 31 Desember 2018 - 15:43 WIB
Pertukaran Pelajar Universitas AMIKOM Yogya dan Universitas Spanyol
Pertukaran Pelajar Universitas AMIKOM Yogya dan Universitas Spanyol
A A A
YOGYAKARTA - Mahasiswi Pascasarjana Universitas AMIKOM Yogyakarta, Winda Sekar Dewi, mendapatkan beasiswa program Erasmus+ International Credit Mobility, dan berkesempatan mengikuti program pertukaran pelajar di University of Murcia Spanyol. Wisudawati Best of the Best Wisuda ke64 AMIKOM Yogya ini akan mengikuti program tersebut selama 6 bulan, yakni sejak Januari 2019 hingga Juni 2019.

Beasiswa Erasmus+ sendiri merupakan beasiswa yang diberikan oleh Uni Eropa untuk menempuh studi tingkat S-1, S-2, S-3 dan pascadoktoral baik untuk program gelar maupun non-gelar/pertukaran di berbagai negara di Eropa. Selain di bidang akademik, program ini juga menawarkan Joint Research dan pertukaran budaya kepada pesertanya.

Menurut Rektor Universitas AMIKOM Yogyakarta, Suyanto, kerja sama antara Universitas AMIKOM Yogyakarta dengan University of Murcia berawal dari keikutsertaan AMIKOM dalam pameran pendidikan "Feria de Universidades de Indonesia" yang diadakan di Madrid, Spanyol selama 2 hari pada 2016.

University of Murcia merupakan salah satu perguruan tinggi yang tertarik untuk bekerjasama, setelah mendengar presentasi dari Suyanto tentang AMIKOM. Kerja sama tersebut berjalan dengan baik dengan berbagai program, baik student, staff, maupun Lecturer Exchange.

Pada September 2018, mahasiswa Pascasarjana Universitas AMIKOM Yogyakarta, Irwan Oyong, juga mengikuti program yang serupa dengan Winda. Selanjutnya, pada tanggal 24-28 September 2018, dua Dosen AMIKOM, yakni Kusrini dan Rizky menjadi dosen tamu di Universitas Murcia Spanyol.

Pada awal 2019 nanti, Assistant Professor University of Murcia, Ramón J. Sánchez Iborra, akan menjadi narasumber dalam workshop dan public lecture internet of things di Universitas AMIKOM Yogyakarta.

Rektor Suyanto mengatakan, kerja sama ini merupakan salah satu upaya untuk mencapai visi AMIKOM untuk menjadi perguruan tinggi unggulan dunia dalam bidang ekonomi kreatif yang berbasis entrepreneurship pada 2030.

"Kita bercita-cita, bagaimana nanti pada 2030, 20% mahasiwa AMIKOM berasal dari internasional," ujarnya.
(akn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6117 seconds (0.1#10.140)