alexametrics

31 Penyulang di Sulut dan Gorontalo Gangguan Akibat Cuaca Buruk

loading...
31 Penyulang di Sulut dan Gorontalo Gangguan Akibat Cuaca Buruk
Cuaca ekstrim berupa hujan lebat disertai angin yang melanda beberapa hari ini menyebabkan banyaknya pohon tumbang yang menimpa jaringan listrik PLN. Foto/SINDOnews/Dok
A+ A-
MANADO - Cuaca ekstrim berupa hujan lebat disertai angin yang melanda wilayah Sulawesi Utara (Sulut) dan Gorontalo dalam beberapa hari ini menyebabkan banyaknya pohon tumbang yang menimpa jaringan listrik PLN, akibatnya sejumlah 28 penyulang dari total 54 penyulang di Sulawesi Utara mengalami gangguan disebabkan pohon roboh maupun tanah longsor.

Sedangkan di sistem kelistrikan Gorontalo terdapat 3 penyulang dari total 27 penyulang yang mengalami gangguan yang mengakibatkan sejumlah daerah di Kabupaten Pohuwato, Boalemo, Gorontalo, Gorontalo utara dan Bone bolango turut mendapat dampak padam yang disebabkan cuaca ekstrim.

Di Kelurahan Batu Kota, Kecamatan Malalayang, Kota Manado, Sulawesi Utara, serta beberapa wilayah disekitarnya mengalami listrik padam sejak pagi hari. "Padam sejak pukul 09.00 pagi, Kalau di hitung sudah total 13 jam padam," ujar Ishak, salah satu warga di Kecamatan Malalayang.



Manajer Komunikasi PLN UIW Suluttenggo, Jantje Rau mengatakan bahwa Petugas Siaga Natal dan Tahun Baru PLN Unit Induk Wilayah Suluttenggo melakukan langkah cepat penormalan gangguan yang disebabkan cuaca ekstrim tersebut.

"Pada malam ini sejumlah 25 penyulang sudah dapat kembali dinormalkan. Di Kota Manado, Gorontalo, Tomohon, Minahasa Utara, Minahasa Tenggara, Minahasa Selatan dan Kota Bitung sudah kembali normal. Namun masih terdapat sejumlah 6 penyulang yang melalui jalur hutan pada saat ini masih dalam proses penormalan," jelas Rau, Jumat (28/12/2018).

Atas gangguan tersebut, pihak PLN memohon maaf atas ketidaknyamanan pelanggan, meski hujan disertai angin masih terjadi namun petugas tetap siaga melakukan penormalan di lokasi-lokasi yang terkena dampak padam yang disebabkan oleh pohon tumbang.

"Kami memohon doa dan support agar proses penormalan tersebut dapat berjalan cepat dan lancar serta aman," pungkas Rau.
(maf)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak