4 Produk Finansial untuk Siapkan Kebutuhan Hari Tua, Jangan Lupa Asuransi Kesehatan!

Jum'at, 26 April 2024 - 11:16 WIB
loading...
4 Produk Finansial untuk Siapkan Kebutuhan Hari Tua, Jangan Lupa Asuransi Kesehatan!
(Ilustrasi: dok Freepik/mamewmy)
A A A
JAKARTA - Memiliki hidup yang bahagia, sejahtera, dan jauh dari masalah tentu menjadi impian semua orang, khususnya saat sudah memasuki usia senja dan pensiun. Akan tetapi, agar hal tersebut bisa diwujudkan, Anda perlu memiliki strategi yang tepat. Terlebih soal pengelolaan keuangan dan produk finansial yang mampu menunjang tercapainya impian tersebut.

Namun, hari tua yang terasa begitu lama cenderung membuat banyak orang enggan menyiapkan kebutuhan di masa tersebut sedini mungkin. Padahal, tanpa disadari waktu adalah hal yang paling cepat berlalu dan tanpa terasa masa pensiun telah menjemput dalam sekejap mata. Di samping itu, semakin cepat Anda menyiapkan kebutuhan hari tua, beban finansial akan menjadi lebih ringan dan hasilnya akan lebih optimal, terutama jika berinvestasi.

Lantas, apa 4 produk finansial yang bisa dijadikan pilihan untuk menyiapkan kebutuhan masa pensiun? Untuk mengetahui jawabannya, simak jawaban dan penjelasannya berikut ini.

1. Investasi Emas

Dari dahulu kala emas dikenal sebagai logam mulia bernilai tinggi yang banyak dicari orang. Karena karakteristiknya tersebut, emas sering kali dijadikan pilihan bagi masyarakat yang ingin berinvestasi dengan lebih aman dan stabil. Sebab, seiring waktu harga emas cenderung terus mengalami kenaikan dengan signifikan dan cocok untuk investasi jangka panjang seperti tabungan hari tua.

Di samping itu, emas juga bersifat likuid yang membuatnya mudah untuk dijual dan dicairkan menjadi uang tunai sewaktu-waktu dibutuhkan. Jadi, jika Anda ingin menyiapkan kebutuhan hari tua, investasi emas bisa menjadi opsi yang bijak untuk dipilih karena memang menjanjikan dalam jangka panjang.

2. Beli Tanah dan Properti

Selain emas, membeli tanah dan properti juga bisa menjadi cara bijak menyiapkan kebutuhan di usia senja nanti. Karena sudah tidak aktif bekerja dan mendapatkan penghasilan, di hari tua Anda perlu memiliki tempat tinggal yang pasti dan tidak lagi kontrak ataupun kos. Dengan menyiapkan tanah dan properti di masa muda, kebutuhan papan di usia pensiun sudah pasti terpenuhi.

Terlebih, tanah dan properti juga bisa menjadi sarana investasi yang menjanjikan dalam jangka panjang. Bayangkan saja, kenaikan harga properti setiap tahunnya bisa mencapai 20 persen. Dalam waktu belasan atau puluhan tahun pertumbuhan harga properti bisa melejit berkali-kali lipat. Sehingga, jika tidak disiapkan sedini mungkin, kebutuhan ini bisa jadi akan jauh lebih sulit terpenuhi.

3. Investasi Reksa Dana
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0812 seconds (0.1#10.140)