Ditolak Puskesmas, Bocah Tiga Tahun Meninggal saat Menuju Rumah Sakit

Senin, 24 Desember 2018 - 16:24 WIB
Ditolak Puskesmas, Bocah Tiga Tahun Meninggal saat Menuju Rumah Sakit
Ditolak Puskesmas, Bocah Tiga Tahun Meninggal saat Menuju Rumah Sakit
A A A
KERINCI - Malang nasib dialami Nova Faidah (3), anak dari pasangan David (35) dan Riri (30) Warga Pasar Siulak Gedang, Kecamatan Siulak Kabupaten Kerinci, Jambi itu menghembus nafas terakhir saat di perjalanan menuju Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kerinci. Mirisnya, bocah tiga tahun itu sempat ditolak oleh pihak Puskesmas Siulak Gedang Sabtu (22/12/18) lalu.

Kejadian ini bermula saat Nova Faidah mengalami penyakit pilek, batuk yang mengeluarkan Darah. Melihat kondisi anaknya mulai parah, David orang tua korban langsung bergegas membawa anaknya ke Puskesmas terdekat guna mendapatkan pertolongan pertama menggunakan mobil milik kepala Desa Pasar Siulak.

Namun, miris setibanya di Puskesmas, Balita tersebut bukannya mendapat pertolongan medis, tapi pihak Pukesmas menolak untuk menangani dengan alasan Dokter Sedang Tidak Ada.

Kesal dengan Pelayanan Puskesmas, David orang tua korban langsung membawa anaknya Ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) kerinci, namun nahas di tengah perjalanan Nova Faidah mengembuskan nafas terakhirnya.

Yuldi Efendi Kades Pasar Siulak Gedang mengatakan jika dirinya sangat kecewa sekali dengan pihak Pukesmas, yang langsung menolak Pasien, seharusnya perawat memberi pertolongan medis terlebih dahulu karena kondisi korban sakit parah. Padahal Puskesmas tersebut sudah Standar Rawan Inap.

"Kita sangat kecewa dengan pihak Pukesmas. Padahal Pukesmas ini sangat besar. Malah tidak memiliki dokter tunggu. Sedangkan peralatan sudah lengkap. Saya berharap pemeritah bisa menegur pihak Pukesmas, dan memberikan sanksi kepada pegawai Pukesmas. Selain itu Pukesmas harus diwajibkan 24 jam ada dokter jaga. Kalau tidak menyanggupi lebih baik pukesmas ini ditutup saja," kata tandas Yuldi Senin (24/12/2018).
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4189 seconds (0.1#10.140)