Waspada Rekam Jejak Digital di Internet dan Media Sosial

Kamis, 25 April 2024 - 10:00 WIB
loading...
Waspada Rekam Jejak Digital di Internet dan Media Sosial
Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) RI menggelar talkshow chip in bertajuk ‘Waspada Rekam Jejak Digital di Internet’ di SMA Al Huda Jakarta Barat, Rabu (24/4/2024).
A A A
JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) RI menggelar talkshow chip in bertajuk ‘Waspada Rekam Jejak Digital di Internet’ di SMA Al Huda Jakarta Barat, Rabu (24/4/2024).

Kegiatan yang diselenggarakan dalam rangka meningkatkan tingkat literasi digital 50 juta masyarakat Indonesia pada tahun 2024 menuju Indonesia #MakinCakapDigital ini, diikuti oleh lebih dari 500 siswa.

Berdasarkan Survei Indeks Literasi Digital Masyarakat Indonesia tahun 2022 yang diselenggarakan oleh Kemenkominfo dan Katadata Insight Center pada tahun 2021 disebutkan bahwa Indonesia masih berada dalam kategori ‘sedang’ dengan angka 3.49 dari 5,00.

Kegiatan literasi digital di lingkungan pendidikan merupakan salah satu upaya Kemenkominfo dalam mempercepat transformasi digital di sektor pendidikan menuju Indonesia #MakinCakapDigital.

Talkshow chip in dibuka dengan sambutan dari Ditjen Aptika Kementerian Komunikasi dan Informatika Indonesia Semuel Abrijani Pangerapan yang menyampaikan pentingnya mempersiapkan talenta digital Indonesia, agar mampu memanfaatkan perkembangan teknologi digital serta memiliki kemampuan dalam menanggulangi resiko yang muncul bersama nya.

“Ada empat pilar utama literasi digital yakni Kecakapan Digital, Budaya Digital, Etika Digital dan Keamanan Digital,” kata Semuel.

Sambutan berikutnya oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi, secara daring. Ia menyampaikan manfaat ekonomi dalam kegiatan literasi digital, seperti peningkatan kompetensi tenaga kerja dan partisipasi masyarakat dalam kegiatan berbasis ekonomi digital.

Menkominfo juga mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk berpartisipasi secara aktif dalam berbagai kegiatan literasi digital, untuk mewujudkan Indonesia terkoneksi dan semakin maju.

Kegiatan ini bertujuan memberi edukasi mengenai literasi digital dengan cara yang mudah diterima siswa. Sesi talk show dimulai dengan pemutaran video animasi berjudul ‘4 Jurus Literasi Digital’. Empat jurus yang dimaksud adalah interaksi, partisipasi, kolaborasi dan kontrol diri agar para peserta didik #MakinCakapDigital.

Penjelasan mengenai literasi digital kemudian disampaikan oleh tiga narasumber, yaitu Xenia Agelica Wijayanto, Head of Centre for Publication LSPR Institute; Aminah Swarnawati, dosen Prodi Magister Ilmu Komunikasi Fisip Universitas Mihammadiyah Jakarta; dan Khanza Putri, influencer dan pegiat media sosial.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0826 seconds (0.1#10.140)