alexametrics

Cerita Pagi

Setelah 135 Tahun Lalu, Selat Sunda Kembali Perlihatkan Kedahsyatannya

loading...
Setelah 135 Tahun Lalu, Selat Sunda Kembali Perlihatkan Kedahsyatannya
Litografi Gunung Krakatau meletus pada 1883. (wikipedia)
A+ A-
GELOMBANG tsunami kembali menghantam pantai dan dataran di Indonesia. Pada Minggu (23/12/2018) tsunami menerjang pantai di Selat Sunda. Akibatnya, korban tewas, luka-luka, dan hilang tak dapat terelakan.

Termasuk juga kerusakan akibat tsunami empat kabupaten terdampak yaitu di Kabupaten Pandeglang, Serang, Lampung Selatan dan Tanggamus.Dari data terakhir dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pada Minggu (23/12/2018) sore, diketahui ada 220 orang meninggal dunia, 843 orang luka-luka dan 28 orang hilang akibat tsunami.Jumlah ini kemungkinan masih terus bertambah mengingat proses pencarian masih dilakukan.

Sedangkan data sementara yang masuk, kerusakan fisik meliputi 446 rumah rusak, 9 hotel rusak, 60 warung rusak, 350 unit kapal dan perahu rusak, dan 73 kendaraan rusak.



Daerah yang terdampak di 10 kecamatan. Lokasi yang banyak ditemukan korban adalah di Hotel Mutiara Carita Cottage, Hotel Tanjung Lesung dan Kampung Sambolo.

Banyak korban adalah wisatawan dan masyarakat setempat. Daerah wisata sepanjang pantai dari Pantai Tanjung Lesung, Pantai Sumur, Pantai Teluk Lada, Pantai Panimbang dan Pantai Carita sedang banyak wisatawan berlibur yang kemudian diterjang tsunami.

Tsunami di Selat Sunda ini memang cukup dahsyat. Namun tahukan Anda pada 27 Agustus 1883 atau 135 tahun yang lalu juga terjadi gelombang tsunami yang sangat dahsyat.

Ya tsunami pada abad ke-19 kala itu melululantakan seluruh dataran. Gelombang tsunami ini muncul setelah Gunung Krakatau yang terletak di Selat Sunda meletus.

Akibat letusan ini menciptakan gelombang tsunami. Bahkan gelombangnya begitu tinggi hingga mencapai sekitar 30 meter. Air laut yang dihembuskan gelombang begitu cepatnya melesat, menghempaskan apapun yang ada di depannya.

Semua benda apa pun yang ada didaratan dihempaskannnya dengan kecepatan begitu tinggi. Hancur semua setiap bangunan dan benda yang berada di jalur lintasannya.
halaman ke-1 dari 3
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak