Mengenal Batu Ginjal, Penyakit yang Diidap Parto Patrio hingga Dilarikan ke Rumah Sakit

Kamis, 25 April 2024 - 07:27 WIB
loading...
Mengenal Batu Ginjal, Penyakit yang Diidap Parto Patrio hingga Dilarikan ke Rumah Sakit
Parto didiagnosis mengalami pembengkakan dan batu ginjal. Lalu, apa itu batu ginjal? Foto/ Instagram
A A A
JAKARTA – Komedian Parto Patrio dilarikan ke rumah sakit dengan menggunakan ambulans membuat netizen cemas. Kabar tak sedap itu dibagikan langsung oleh sang istri, Dina Risty melalui akun Instagram @dienz_36.

Pria yang akrab disapa Parto itu terlihat terbaring lemas di kasur rumah sakit. Kabarnya Parto didiagnosis mengalami pembengkakan dan batu ginjal .



Kondisi tersebut yang membuatnya harus segera dilarikan ke rumah sakit dan melakukan prosedur operasi. Lantas, apa itu batu ginjal dan bagaimana gejalanya?

Melansir berbagai sumber, Rabu (24/4/2024), batu ginjal merupakan sebuah kondisi ketika terjadinya pengumpulan kristal yang terbentuk dari mineral dan zat lain di saluran kemih.

Pada sebagian besar kasusnya, batu tersebut bisa keluar dengan sendirinya dari tubuh ketika buang air kecil. Akan tetapi, rasa sakit yang ditimbulkan bisa begitu hebat saat batu keluar bersamaan dengan buang air kecil.

Oleh karenanya, banyak orang yang memerlukan prosedur operasi untuk memecah serta mengeluarkan batu, apabila batu tersebut tidak dapat keluar dengan sendirinya atau menyebabkan penyumbatan.

Terdapat beberapa gejala muncul jika tubuh memiliki batu ginjal, seperti nyeri di bagian samping perut atau selangkangan, khusus pada pria kemungkinan akan merasa nyeri di buah zakarnya.

Kemudian, tubuh menjadi mudah berkeringat dan kepanasan, sakit parah yang datang dan pergi, merasa mual atau muntah, hingga adanya darah dalam urin.

Adapun beberapa gejala lain yang bisa muncul lho, yaitu muncul nyeri parah dan tajam pada bagian samping dan punggung, terkhusus di bawah tulang rusuk, serta rasa sakit atau sensasi terbakar saat buang air kecil.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1180 seconds (0.1#10.140)