Abaikan Saran AS dan Negara Arab, Invasi Darat Israel ke Rafah Segera Dilaksanakan

Rabu, 24 April 2024 - 16:20 WIB
loading...
Abaikan Saran AS dan Negara Arab, Invasi Darat Israel ke Rafah Segera Dilaksanakan
Tentara Israel segera menginvasi Rafah. Foto/AP
A A A
TEL AVIV - Israel telah menyediakan puluhan ribu tenda untuk warga sipil Palestina yang akan dievakuasi dari Rafah dalam beberapa minggu mendatang. Itu dilakukan menjelang serangan yang dijanjikan terhadap kota yang dianggapnya sebagai benteng terakhir Hamas di Jalur Gaza, Israel.

Berdekatan dengan perbatasan Mesir, populasi Rafah telah membengkak karena lebih dari satu juta warga Palestina yang melarikan diri dari serangan Israel yang telah berlangsung selama setengah tahun di seluruh Gaza.

Nasib mereka mengkhawatirkan negara-negara Barat dan juga Kairo, yang mengesampingkan masuknya pengungsi ke Sinai Mesir.

Setelah berminggu-minggu melakukan pembicaraan dengan Amerika Serikat mengenai perlindungan sipil, Kementerian Pertahanan Israel telah membeli 40.000 tenda, masing-masing berkapasitas 10 hingga 12 orang, untuk warga Palestina yang direlokasi dari Rafah, kata sumber-sumber pemerintah Israel.

Video yang beredar online menunjukkan deretan tenda persegi berwarna putih berdiri di Khan Younis, sebuah kota sekitar 5 km dari Rafah.

Reuters tidak dapat memverifikasi hal ini, namun menerima gambar dari perusahaan satelit Maxar yang menunjukkan beberapa tenda kamp di tanah Khan Youni yang telah kosong pada tanggal 7 April.

Kementerian Pertahanan Israel menolak semua komentar.

Sumber-sumber pemerintah mengatakan kabinet perang Perdana Menteri Benjamin Netanyahu berencana bertemu dalam dua minggu mendatang untuk mengizinkan evakuasi warga sipil – yang diperkirakan akan memakan waktu sekitar satu bulan – sebagai tahap pertama penyisiran Rafah.

Kantor Netanyahu belum memberikan komentar mengenai hal ini.

Meski tidak membahas rencana pertempuran spesifik, militer Israel semakin mengisyaratkan kesiapan untuk menyerang Rafah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0929 seconds (0.1#10.140)