Apa Peran Negara Arab dalam Perang Iran Israel?

Rabu, 24 April 2024 - 20:20 WIB
loading...
Apa Peran Negara Arab dalam Perang Iran Israel?
Negara-negara Arab memiliki peran dan sikap sendiri-sendiri dalam perang Iran dan Israel. Foto/Reuters
A A A
TEL AVIV - Sejak serangan balasan Iran yang belum pernah terjadi sebelumnya terhadap Israel digagalkan pada akhir pekan dengan bantuan Amerika Serikat dan sekutunya di Timur Tengah, menunjukkan negara-negara Arab memiliki peran penting.

Namun, tanggapan Israel akan menguji ketahanan koalisi informal yang terdiri dari negara-negara yang saling bermusuhan, termasuk Arab Saudi, Yordania, dan Uni Emirat Arab, yang kerja samanya baru-baru ini melawan Iran berpotensi menimbulkan dampak buruk di dalam negeri.

“Negara-negara Arab berada dalam situasi yang sangat kritis,” kata Oraib Al Rantawi, direktur Pusat Studi Politik Al Quds, sebuah lembaga pemikir yang berbasis di ibu kota Yordania, Amman. “Tidak ada posisi yang mudah untuk diambil bagi mereka semua, terutama Yordania, yang karena alasan geopolitik telah terjebak di antara dua pembuat onar – Iran dan Israel.”

Setelah serangan lebih dari 300 rudal dan drone Iran hanya menimbulkan kerusakan terbatas, karena banyak dari mereka ditembak jatuh oleh pasukan Amerika, Inggris, Israel dan Yordania.

Namun tidak ada bualan seperti itu dari mitra-mitra Amerika di Timur Tengah, bahkan pengakuan atas kejadian akhir pekan itu tidak terdengar.

Iran mengatakan salvo tersebut merupakan pembalasan atas serangan terhadap gedung konsulat Iran di ibu kota Suriah, Damaskus, yang menewaskan dua komandan senior dan lima penasihat Korps Garda Revolusi Islam Iran. Israel belum mengaku bertanggung jawab atas serangan itu, yang diyakini secara luas sebagai pihak yang bertanggung jawab.

Apa Peran Negara Arab dalam Perang Iran Israel?

1. Membela Israel

Apa Peran Negara Arab dalam Perang Iran Israel?

Foto/Reuters

Di antara tiga negara Arab yang berpartisipasi dalam pertahanan Israel, Yordania adalah satu-satunya negara yang berbatasan dengan Israel dan satu-satunya yang mengambil bagian dalam operasi udara untuk menghancurkan drone tersebut.

Sebagai langkah menuju penataan kembali Timur Tengah, Arab Saudi dan Uni Emirat Arab berbagi informasi intelijen tentang rencana Iran dengan AS setelah mereka diberi pengarahan tentang cara menjaga wilayah udara mereka, seperti yang pertama kali dilaporkan pada hari Senin oleh The Wall Street Journal.

Ketika UEA menormalisasi hubungan diplomatiknya dengan Israel empat tahun lalu, Arab Saudi hampir melakukan hal yang sama sebelum negosiasi tersebut gagal akibat serangan Hamas pada 7 Oktober, yang menurut para pejabat Israel menewaskan 1.200 orang.

Kedua monarki Teluk tersebut “sangat bergantung pada negara-negara Barat,” kata Tahani Mustafa, analis senior di International Crisis Group, sebuah wadah pemikir yang berbasis di Belgia. Arab Saudi “menginginkan pakta keamanan AS,” katanya. “Sampai aliansi tersebut dapat diperbaiki, Saudi akan berusaha melakukan semua yang mereka bisa untuk tetap berada dalam daftar baik AS.”
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0944 seconds (0.1#10.140)