alexametrics

Pemkab Simalungun Pantau Kebutuhan dan Harga Gas Warga Miskin

loading...
Pemkab Simalungun Pantau Kebutuhan dan Harga Gas Warga Miskin
Pemkab Simalungun meminta camat dan kepala desa (kades) memantau ketersediaan dan harga gas bagi masyarakat ekonomi lemah. Foto/Dok SINDOnews
A+ A-
SIMALUNGUN - Pemkab Simalungun meminta camat dan kepala desa (kades) memantau ketersediaan dan harga gas bagi masyarakat ekonomi lemah atau warga miskin menjelang dan saat Natal-Tahun Baru.

Kepala Bagian (Kabag) Perekonomian Setda Pemkab Simalungun, Alpian D Saragih mengatakan, camat dan kepala desa harus proaktif mengantisipasi terjadinya kelangkaan gas khususnya untuk kebutuhan masyarakat ekonomi lemah. Pangkalan-pangkalan dan agen harus dipantau.

"Pemkab Simalungun sudah berkordinasi dengan Pertamina jika ada laporan dari camat atau kepala desa terjadi kelangkaan gas, segera dilakukan operasi pasar," sebut Alpian.



Sejauh ini dari pemantauan pihaknya di sejumlah pangkalan dan agen gas yang ada di Kabupaten Simalungun, secara umum persediaannya masih aman hingga Natal dan Tahun Baru nanti.

Begitu juga harga jual masih tetap pada harga eceran tertinggi (HET) yang ditetapkan pemerintah Rp16 ribu untuk tabung gas 3 kilogram.

Anggota DPRD Simalungun Mansur Purba berharap pemerintah daerah berkoordinasi dengan aparat kepolisian untuk menindak agen dan pangkalan nakal yang melalukan penimbunan dengan tujuan mendapat keuntungan besar.

"Biasanya hari besar keagamaan seperti Natal dan Tahun Baru spekulan bermain menimbun gas sehingga langka dan harganya naik. Jadi Pemkab Simalungun juga proaktif koordinasi dengan polisi untuk menindak tegas agen atau pangkalan yang nakal," ujar Mansur.
(rhs)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak