alexametrics

Peringati Hari Juang Kartika, Kodim 0212/TS Gelar Khitanan Massal

loading...
Peringati Hari Juang Kartika, Kodim 0212/TS Gelar Khitanan Massal
Ribuan anak mengikuti khitanan massal di Rumah Sakit TNI Losung Batu, Jalan Merdeka Padangsidimpuan yang digelar oleh Kodim 0212/TS. Foto/Zia Nasution
A+ A-
PADANGSIDIMPUAN - Sebanyak 1.442 orang anak-anak dari wilayah Tapanuli Bagian Selatan (Tabagsel) meliputi, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), Mandailing Natal (Madina), Padanglawas Utara (Paluta), Padanglawas (Palas) dan Kota Padangsidimpuan, mengikuti khitanan massal.

Selain itu, Kodim 0212/TS menggelar operasi bibir sumbing kepada 53 orang anak yang tersebar di wilayah kerja. Menurut pantuan di lapangan, sejak pukul 08.00 WIB, ribuan anak bersama orang tuanya sudah memadati halaman Rumah Sakit TNI Losung Batu, Jalan Merdeka Kota Padangsidimpuan.

Umumnya, para peserta datang bersama orangtuanya masing-masing atau keluar terdekat. Untuk sampai ke rumah sakit itu, banyak peserta yang datang dengan mengendarai mobil angkutan dan sepeda motor. Khusus dari Kabupaten Madina, sebagian warga datang dengan menyewa satu mobil angkutan, dan untuk Kota Padangsidimpuan mereka datang dengan mengendarai sepeda motor.



Sopiah Hannum Nasution (37), warga Mompang Jae, Kabupaten Madina mengatakan, sejak pukul 05.00 WIB, dia bersama suaminya sudah berangkat dari rumahnya menuju Padangsidimpuan. Sebab, jarak dari rumah mereka ke Padangsidimpuan terbilang jauh. ”Kami naik angkutan dari kampung, biar cepat sampainya kami berangkat Subuh,” ujarnya kepada wartawan.

Dia mengatakan, kedatangannya ke tempat itu untuk membawa anaknya mengikuti sunatan massal yang dilaksanakan oleh Kodim 0212/TS. Dia bersama keluarganya mengucapkan terima kasih kepada Dandim 0212/TS Letkol Inf Akbar Nofrizal Yusananto, karena sudah membantu mereka.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Pak Dandim 0212/TS, yang mengikutkan anak saya sebagai salah satu peserta dikegiatan ini,” ujarnya.

Dia mengaku, kegiatan itu cukup membantu dia dan suaminya, karena mereka tidak mengeluarkan uang untuk khitanan anaknya.

Komandan Kodim 0212/TS Letkol Inf Akbar Nofrizal Yusananto, kegiatan bakti sosial itu dalam rangka memperingati hari juang Kartika ke 73. Bakti sosial yang digelar seperti, sunatan massal kepada 1.442 orang anak, operasi bibir sumbing terhadap 53 peserta, bagi-bagi kain sarung kepada peserta sunatan masal.

”Semoga dengan adanya kegiatan ini menjadikan TNI lebih dekat dengan masyarakat,” tuturnya.

Lebih lanjut Dandim menyebutkan, peringatan Hari Juang kartika saat ini mengangkat tema Mengabdi dan Membangun Bersama Rakyat, sesuai surat Panglima TNI dan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jendral TNI Andika Perkasa, ketus Dandim 0212/TS.
(rhs)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak