alexametrics

Taman Kijang Kota Bintan Tak Lagi Diminati Pengunjung

loading...
Taman Kijang Kota Bintan Tak Lagi Diminati Pengunjung
Mini Zoo Taman Kijang Kota mendadak sepi karena adanya pemindahan sejumlah satwa langka ke Taman Safari Lagoi, Bintan. Foto/Novel M Sinaga
A+ A-
BINTAN - Taman Kijang Kota, salah satu tempat rekreasi warga Bintan khusunya wilayah Timur kini sepi pengunjung. Warga mengaku keberadaan Kebun Bintang Mini Zoo di taman itu sudah tidak tidak menarik lagi.

Berbagai satwa langka yang sebelumnya ada di taman itu kini telah dipindah ke Taman Safari Lagi oleh Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kota Batam beberapa waktu lalu.

Ahmadi, salah satu penjaga Mini zoo mengatakan, sebelum hewan-hewan dipindahkan, pengunjung yang datang ke Mini Zoo ataupun ke Taman Kijang Kota terbilang lumayan. Bahkan tidak hanya warga setempat saja, namun dari berbagai pengunjung dari luar Kabupaten Bintan datang hanya untuk berkunjung dan melihat koleksi hewan-hewan langka yang ada di Mini Zoo.



"Namun saat ini pengunjung yang hadir sangat berkurang meski itu libur akhir pekan," ujarnya.

Adapun jenis-jenis hewan yang diambil dan dialihkan ke Lagoi antara lain buaya, orang utan, burung cendrawasih. Bahkan rusa yang awalnya 40 ekor hanya tersisa 4 ekor, burung merak awalnya 2 ekor hanya tersisa 1 ekor. Adapun hewan yang tersisa di Mini Zoo antara lain ular piton, kelinci, burung merpati, dan ayam saja.

"Saya berharap hewan yang sudah dipindahkan bisa dikembalikan lagi seperti semula, agar pengunjung di Taman Kota dan Mini Zoo ini tetap ramai. Karena mini zoo ini sudah menjadi ikon dan objek wisata yang ada di Kijang," ujar Ahmadi.

Wanti, warga yang ditemui di Taman Kijang Kota mengaku prihatin dengan keberadaan Mini Zoo Kijang. Dia menyesalkan pemidahan hewan-hewan langka dari taman itu.

"Padahal ini (mini zoo) dulu menjadi salah satu wisata di Bintan. Sejak dulu, orang-orang pulau saja datang ke kijang hanya untuk berkunjung ke Mini Zoo. Tapi sekarang Kijang Kota saat ini sudah tak diminati pengunjung," ujarnya Wanti.

Hilangnya daya tarik Mini Zoo Kijang juga berdampak kepada warga pedagang yang sehari-hari menjajakan berbagai jenis makanan dan minuman. Para pedagang makanan di sekitar Taman Kijang, Kota di Kecamatan Bintan Timur ini mengeluhkan sepinya pembeli sejak Mini Zoo sudah tidak lagi dikunjungi oleh wisatawan.

Siti, pedagang makanan di sekitar Taman Kijang Kota mengaku pembeli sudah sepi sejak pemindahan hewan-hewan dari Mini Zoo Kijang.

"Dulu dagangan ramai, sejak hewan dipindahkan dari Mini Zoo, taman kijang kota sudah sepi," keluhnya.

Ia berharap, Mini Zoo bisa dikembalikan seperti semula dan memiliki kembali beragam koleksi hewan langka sehingga pengunjung dan wisatawan kembali lagi ramai datang Taman Kijang Kota.

Sebelumnya, Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Batam sedang melakukan proses penyitaan dan pemindahan satwa-satwa dilindungi dari Kebun Bintang, Mini Zoo Kijang. Penyitaan dan pemindahan ini dilakukan lantaran kelengkapan ijin yang tidak dimiliki oleh Mini Zoo untuk mengoleksi berbagai satwa yang dilindungi. Satwa-satwa itu pun saat ini dipindahkan ke Taman Safari Lagoi, Bintan.
(rhs)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak