Jalan Pangkalan Bun-Kotawaringin Lama Ditargetkan Selesai Akhir 2019

Senin, 17 Desember 2018 - 13:00 WIB
Jalan Pangkalan Bun-Kotawaringin Lama Ditargetkan Selesai Akhir 2019
Jalan Pangkalan Bun-Kotawaringin Lama Ditargetkan Selesai Akhir 2019
A A A
KOTAWARINGIN BARAT - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) menargetkan pembangunan jalan yang menghubungkan Pangkalan Bun-Kotawaringin Lama dan pengerjaan jembatan pile slab akan selesai pada akhir 2019. Guna kelancaran pekerjaan, Pemprov Kalteng berencana menutup akses jalan itu untuk sementara.

Wakil Bupati Kotawaringin Barat Ahmadi Riansyah didampingi Kabid Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Juni Gultom dan Kepala Dinas Perhubungan Hermon F Lion pada Jumat (14/12/2018) lalu telah meninjau lokasi pekerjaan jembatan pile slab sekaligus meninjau tiga titik banjir di jalan Pangkalan Bun-Kotawaringin Lama.

"Saya diperintah Ibu Bupati Kotawaringin Barat untuk melakukan monitoring terhadap pembangunan jalan penghubung Pangkalan Bun-Kotawaringin Lama, juga meninjau beberapa titik wilayah yang terkena banjir di ruas jalan ini," kata Wakil Bupati Kobar Ahmadi Riansyah.

Monitoring ini juga karena ada intruksi dari Gubernur Kalteng Sugianto Sabran bahwa mulai 2019 akses jalan itu akan ditutup sementara. "Hasil monitoring ini sebagai bahan untuk pembahasan rapat pada 18 Desember 2018, apakah jalan itu akan ditutup total selama setahun atau hanya waktu-waktu tertentu, sehingga kami punya bahan untuk menindak lanjuti instruksi Gubernur Kalteng," ujar Wabup.

Dalam kesempatan itu, wabup atas nama Pemkab Kotawaringin Barat sangat berterima kasih kepada Gubernur Kalteng yang memperhatikan penyelesaian pembangunan jalan penghubung Pangkalan Bun-Kotawaringin Lama.

"Saat ini jika musim penghujan beberapa ruas terjadi banjir yang kedalamannya mencapai sepinggang orang dewasa, bahkan ada yang lebih dalam lagi. Mohon dukungan masyarakat karena cara satu-satunya dengan pembangunan pile slab yang tengah dikerjakan oleh Provinsi Kalteng," ucap Wabup.

Sementara itu, Kabid Bina Marga Dinas PUPR Kotawaringin Barat Juni Gultom mengatakan, Pemprov Kalteng menganggarkan Rp400 miliar untuk menyelesaikan jalan dan pembangunan jembatan pile slab sepanjang 3 meter.

"Pile sleb itu akan dibangun mulai km 28 sampai dengan km 30 dan km 32 sampai km 33. Progresnya saat ini memasuki pemasangan tiang pemancangan dasar, paling lama mencapai lima bulan. Kemudian dilanjutkan pemasangan lantai dasar karena target akhir tahun 2019 sudah selesai dan jalan semuanya teraspal. Kami sangat berterima kasih karena Pemerintah Provinsi Kalteng telah memprioritaskan penyelesaian jalan penghubung ini, dan kami dari kabupaten hanya memberikan support serta membantu melakukan monitoring untuk dilaporkan kepada pemprov," ujar Juni Gultom.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6096 seconds (0.1#10.140)