Ini Cara Para Kiai Banten Satukan Umat Jelang Pemilu

Senin, 17 Desember 2018 - 07:24 WIB
Ini Cara Para Kiai Banten Satukan Umat Jelang Pemilu
Ini Cara Para Kiai Banten Satukan Umat Jelang Pemilu
A A A
SERANG - Perbedaan pilihan menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 dikhawatirkan dapat memecah belah umat di Indonesia terutama di Banten. Gerakan Balad Mengaji akan mengobati dan menyatukan kembali umat islam dengan cara menyampaikan ceramah dari masjid ke masjid.

Pimpinan gerakan Balad Mengaji, Kiai Hamdan Suhaemi mengatakan, gerakan moral dibuat untuk menyatukan umat yang sudah terpecah pecah hanya karna persoalan pilihan politik. Serta menjalin silaturahmi antar sesama umat.

"Gerakan balad tidak ditunggangi oleh unsur kepentingan apa pun, kita pyur menggerakan gerakan moral melalui pengajian dari kampung ke kempung, masjid ke masjid dengan referensi kitab yang sudah diakui, kitab kitab yang sudah biasa dikaji di ponpes," kata Hamdan, Minggu (16/12/2018).

Selain itu, balad mengaji dibentuk merespon situasi sosial yang diwarnai dengan pengelompokan, saling hujat, saling melecehkan, ujaran kebencian, penyebarn hoax yang semakin marak dan mengkhawatirkan.

"Yang jelas tujuan uatamanya adalah menguatkan tali kebangsaan secara secara keseluruhan, tidak memandang dari ormas mana, yang jelas umat ini harus disatukan, bangsa ini harus di satukan," ujarnya.

Dia menambahkan, semua pihak bertanggung jawab menjaga agama dan menjaga negara dengan persudaraan, pertemanan, keakraban, kebersamaan, toleransi antar sesama. Jangan sampai antara saudara dengan saudara sudah tidak mau kenal karna beda pilihan. "Nilai-nilai ke-balad-an atau persahabatan ingin dihidupkan di tengah masyarakat melalui gerakan balad mengaji," pungkasnya.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.6556 seconds (0.1#10.140)