4 Bahan Pangan Pengganti Gula Pasir yang Lagi Mahal, Lebih Sehat

Senin, 22 April 2024 - 06:06 WIB
loading...
4 Bahan Pangan Pengganti Gula Pasir yang Lagi Mahal, Lebih Sehat
Ada beberapa bahan alternatif yang bisa digunakan sebagai pengganti gula. Foto/iStock
A A A
JAKARTA - Harga gula pasir tengah melonjak di pasaran. Kondisi ini membuat para konsumen menjerit lantaran harganya yang mencapai Rp17.500 per kilogram.

Imbasnya, bahan pangan ini mulai langka dan sulit ditemukan. Stok gula pasir di pasar maupun tolo swalayan menipis, pembeliannya pun perlu dibatasi.

Sementara itu, mahal dan langkanya gula pasir ini tetap bisa diatasi. Ada beberapa bahan alternatif yang bisa digunakan sebagai pengganti gula. Selain mengatasi susahnya mendapatkan gula pasir, bahan-bahan ini juga lebih sehat untuk dikonsumsi sehari-hari.



Berikut bahan yang bisa jadi pengganti gula pasir, dilansir dari laman Healthline, Senin (22/4/2024).

1. Stevia

Pertama ada stevia. Stevia adalah pemanis alami yang berasal dari daun semak Amerika Selatan, stevia rebaudiana.

Pemanis nabati ini dapat diekstraksi dari salah satu dari dua senyawa yang disebut glikosida – stevioside dan rebaudioside A. Senyawa ini tidak mengandung kalori apa pun, namun 450 kali lebih manis daripada gula.

Stevia bisa Anda gunakan sebagai pengganti gula pasir untuk masakan maupun minuman seperti teh atau kopi.

2. Pure Buah

Kemudian ada pure buah atau buah yang dihaluskan. Bila Anda berniat membuat kue namun kesulitan mendapat gula pasir, pure buah bisa menjadi solusi untuk menambahkan rasa manis.

Semua buah menawarkan manfaat kesehatan karena nutrisinya. Misalnya pisang tumbuk kaya akan folat, mangan, magnesium, serta vitamin B6 dan C. Berbeda dengan gula pasir, buah umumnya dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan, termasuk penurunan risiko penyakit kronis.


3. Madu

Selanjutnya ada madu. Madu mengandung sejumlah vitamin dan mineral, serta banyak senyawa tumbuhan yang memberikan manfaat antiinflamasi dan antioksidan.

Senyawa madu seperti polifenol madu dapat membantu memodulasi peradangan di tubuh. Madu juga memiliki indeks glikemik (GI) yang sedikit lebih rendah dibandingkan gula pasir.

Madu bisa menjadi pengganti gula untuk beragam makanan mulai masakan, kue, hingga minuman.

4. Sirup Maple

Satu lagi ada siru maple. Bahan ini mengandung sejumlah mineral, termasuk kalsium, potasium, zat besi, seng, dan mangan. Selain itu, sirup maple juga kaya akan senyawa fenolik seperti lignan dan kumarin yang memiliki efek antiinflamasi serta antioksidan.

Sirup maple bisa Anda gunakan untuk mempermanis makanan seperti pancake atau tambahan untuk minuman. Bahan pangan ini bisa menjadi alternatif di saat gula pasir langka.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1736 seconds (0.1#10.140)