4 Penyebab Leher Kaku dan Cara Mengobatinya, Tak Melulu Kolesterol

Minggu, 21 April 2024 - 11:00 WIB
loading...
4 Penyebab Leher Kaku dan Cara Mengobatinya, Tak Melulu Kolesterol
Leher kaku adalah istilah untuk apa pun yang membuatnya sulit untuk bergerak atau menggunakan leher. Ini adalah gejala yang sangat umum dari masalah kesehatan. Foto/Panther Physical Therapy
A A A
JAKARTA - Leher kaku adalah istilah untuk apa pun yang membuatnya sulit untuk bergerak atau menggunakan leher. Ini adalah gejala yang sangat umum dari banyak masalah dan kondisi kesehatan.

Seberapa serius leher kaku biasanya tergantung pada gejala lain yang Anda alami. Misalnya, jika Anda bangun dengan leher kaku setelah tidur siang di sofa, ada kemungkinan besar Anda memiliki beberapa masalah otot sementara yang akan hilang dengan sendirinya.

Tetapi jika mengalami leher kaku, demam, sakit kepala dan mual, Anda menderita meningitis. Mengalami leher kaku hampir selalu merupakan masalah sementara yang dapat Anda rawat di rumah atau menjadi lebih baik dengan sendirinya.

Penyebab Leher Kaku dan Cara Mengobatinya



Namun, itu juga bisa menjadi gejala kondisi kesehatan serius yang perlu segera dirawat oleh dokter. Lantas apa penyebab leher kaku? Berikut ulasannya dilansir dari Cleveland Clinic, Minggu (21/4/2024).



1. Masalah Otot dan Ligamen


Kondisi otot atau ligamen yang menyebabkan kekakuan leher dapat mencakup leher terkilir, tidur dalam posisi yang tidak biasa atau tidak nyaman, melihat layar terlalu lama terutama memiringkan kepala ke bawah untuk melihat ponsel, komputer, atau tablet, dan ketegangan yang disebabkan oleh stres.

2. Trauma


Trauma yang mempengaruhi leher Anda dapat menyebabkan kekakuan. Ini termasuk kecelakaan mobil, cedera olahraga, dan whiplash.

3. Artritis


Artritis menyebabkan rasa sakit dan peradangan pada persendian, termasuk di leher. Jenis radang sendi yang dapat menyebabkan kekakuan leher meliputi spondylosis serviks, artritis reumatoid, artritis pasca-trauma.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1441 seconds (0.1#10.140)