Israel Gunakan WhatsApp Meta untuk Bunuh Warga Palestina di Gaza dengan Sistem AI

Jum'at, 19 April 2024 - 22:01 WIB
loading...
Israel Gunakan WhatsApp Meta untuk Bunuh Warga Palestina di Gaza dengan Sistem AI
Ponsel dengan logo WhatsApp terlihat pada motherboard komputer. Foto/REUTERS/Dado Ruvic
A A A
GAZA - Pembunuhan oleh Israel terhadap warga Palestina di Gaza melalui sistem penargetan kecerdasan buatan (AI) dibantu platform pesan WhatsApp Meta, menurut laporan terbaru.

Awal bulan ini, laporan mengungkapkan Israel menggunakan sistem kecerdasan buatan yang disebut 'Lavender' untuk mengidentifikasi seseorang di Jalur Gaza sebelum menargetkan dan menyerang mereka, memproses sebanyak 37.000 warga Palestina dalam lingkup tersebut.

Daripada hanya bertindak sebagai mekanisme penargetan sederhana, sistem ini sengaja mempunyai tingkat korban sipil yang tinggi, di mana sumber-sumber militer dan intelijen Israel mengakui mereka menyerang sasaran bahkan ketika mereka berada di rumah mereka bersama seluruh keluarga mereka.

Seperti yang dikatakan salah satu sumber pada saat itu, “Pasukan Israel membombardir rumah-rumah mereka (warga Palestina) tanpa ragu-ragu, sebagai pilihan pertama. Jauh lebih mudah untuk mengebom rumah satu keluarga. Sistem ini dibangun untuk mencari mereka dalam situasi ini.”

Namun, menurut insinyur perangkat lunak dan blogger, Paul Biggar, satu detail penting pada metode yang digunakan sistem Lavender adalah keterlibatan platform perpesanan, WhatsApp.

Faktor penentu utama identifikasi sistem ini adalah apakah seseorang berada dalam grup WhatsApp yang berisi tersangka pejuang lainnya.



Selain ketidakakuratan metode dan pertanyaan moral dalam menargetkan warga Palestina berdasarkan grup WhatsApp bersama atau koneksi media sosial, ada juga keraguan platform tersebut berbasis privasi dan menjamin enkripsi “end-to-end” untuk pesan.

Menyatakan perusahaan induk WhatsApp, Meta, menjadikannya terlibat dalam pembunuhan Israel terhadap tersangka “pra-kejahatan” di Gaza, Biggar menuduh perusahaan tersebut secara langsung melanggar hukum kemanusiaan internasional, serta komitmen publiknya terhadap hak asasi manusia.

Pengungkapan ini adalah bukti terbaru Meta yang membantu penindasan terhadap suara-suara Palestina dan pro-Palestina, di mana platform tersebut telah lama dikritik karena mengambil langkah signifikan untuk membungkam perbedaan pendapat terhadap narasi Israel dan Zionis.

Langkah-langkah tersebut termasuk mengizinkan iklan yang mempromosikan bencana terhadap warga Palestina dan bahkan mencoba menandai kata ‘Zionis’ sebagai ujaran kebencian.

Namun, pembagian data dan pesan pribadi pengguna WhatsApp kepada militer Israel dan sistem penargetan AI-nya oleh Meta mengungkapkan tingkat kolaborasi lain, namun berpotensi menjadikannya terlibat langsung dalam genosida Israel yang sedang berlangsung terhadap warga Palestina di Jalur Gaza yang terkepung.

Mempertanyakan keakuratan laporan tersebut, juru bicara WhatsApp mengatakan kepada MEMO, “Kami tidak memiliki informasi bahwa laporan ini akurat. WhatsApp tidak memiliki pintu belakang dan kami tidak memberikan informasi massal kepada pemerintah mana pun. Selama lebih dari satu dekade, Meta telah memberikan laporan transparansi yang konsisten dan laporan tersebut mencakup keadaan terbatas ketika informasi WhatsApp diminta. Prinsip kami tegas, kami meninjau, memvalidasi, dan menanggapi permintaan penegakan hukum dengan cermat berdasarkan hukum yang berlaku dan konsisten dengan standar yang diakui secara internasional, termasuk hak asasi manusia. Laporan kami berikutnya akan datang bulan depan, tepat waktu. Kami setuju bahwa privasi lebih dari sekedar enkripsi end-to-end, itulah sebabnya kami bekerja keras melindungi informasi terbatas yang tersedia bagi kami dan kami terus membangun lebih banyak fitur untuk melindungi informasi orang-orang.”
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0994 seconds (0.1#10.140)