alexametrics

Lanal Tanjungbalai Karimun Tangkap Kapal Bermuatan 3 Ton Bawang

loading...
Lanal Tanjungbalai Karimun Tangkap Kapal Bermuatan 3 Ton Bawang
Tim F1QR Lanal Tanjungbalai Karimun mengamankan kapal bermuatan 3 tol bawang merah. Foto/Ricky Robiansyah
A+ A-
KARIMUN - Tim Fleet One Quick Respons (F1QR) Lanal Tanjungbalai Karimun mengamankan KM Putri Maira Jaya bermuatan 3 Ton bawang merah di Perairan Tanjung Sebatak Leho Kelurahan Teluk Uma Kecamatan Tebing, Kepulauan Riau, Minggu (9/12/2018) malam.

Kapal berbendera Indonesia itu diketahui berangkat dari Batu Pahat Malaysia dengan tujuan Kabupaten Karimun membawa 3 Ton Bawang Merah. Kapal itu dinahkodai seorang berinisial Jr dengan awak kapal berjumlah dua orang.

Danlanal Karimun Letkol Laut (P) Catur Yogiantoro menjelaskan, penangkapan kapal bermuatan bawang merah itu berawal dari informasi adanya kapal bermuatan bawang yang akan masuk ke Karimun tanpa dilengkapi dokumen Port Clearence atau Surat Persetujuan Berlayar (SPB).



"Dari informasi itu, diteruskan ke staf operasi untuk menindaklanjutinya. Selanjutnya Tim F1QR Lanal Tanjungbalai Karimun menggunakan Patkamla V8 melakukan pengejaran," kata Danlanal, Selasa (11/12/2018).

Setelah 2 mil melakukan pengejaran, kapal patroli selanjutnya melihat kapal yang mencurigakan sedang berlayar di perairan Tanjungsebatak. Petugas langsung melakukan pengejaran terhadap kapal tersebut dan langsung melakukan penangkapan.
Lanal Tanjungbalai Karimun Tangkap Kapal Bermuatan 3 Ton Bawang

"Saat dilakukan pemeriksaan awal dan penggeledahan kapal ditemukan bawang merah. Kapal itu tidak dilengkapi dokumen Port Clearence dan muatan bawang merah tidak dilengkapi manifest," kata Catur.

Ia mengatakan, kapal saat ini sudah berada di Mako Lanal Tanjungbalai Karimun untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Hasil pemeriksaan sementara didapatkan barang itu milik seorang berinisial JN dan diakuinya barang itu adalah milik pribadi dan akan dijual.

"Kita masih melakukan pendalaman terhadap kasus tersebut. Perbuatan tersebut melanggar Pasal 323 (1) UU Nomor 17 Tahun 2008 tentang Pelayaran," Kata Danlanal.
(rhs)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak