Terima Bantuan Alsintan dan Benih, Pj Gubernur Jatim Optimistis Pertahankan Status Lumbung Pangan Nasional

Kamis, 18 April 2024 - 18:04 WIB
loading...
Terima Bantuan Alsintan dan Benih, Pj Gubernur Jatim Optimistis Pertahankan Status Lumbung Pangan Nasional
Pj Gubernur Jatim Adhy Karyono menerima bantuan alsintan, benih jagung hibrida, dan benih padi inbrida dari Menteri Pertanian RI Andi Amran Sulaiman di lapangan Kodam V/Brawijaya Surabaya, Kamis (18/4/2024). (Foto: dok Pemprov Jatim)
A A A
SURABAYA - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono menerima bantuan alat dan mesin pertanian (alsintan), benih jagung hibrida, dan benih padi inbrida dari Menteri Pertanian RI Andi Amran Sulaiman pada Apel Siaga Alat dan Mesin Pertanian di lapangan Kodam V/Brawijaya Surabaya, Kamis (18/4/2024).

Total bantuan yang diterima berupa benih jagung hibrida sejumlah 1.301.265 kg dan benih padi inbrida sejumlah 6.150.000 kg senilai Rp161.715.900.000. Selain itu, diterima juga bantuan sebanyak 3.700 unit pompa air dan DAM Parit senilai Rp124.223.000.000.

Pj Gubernur Adhy menyampaikan, bantuan dari Menteri Pertanian RI ini menumbuhkan optimisme bahwa Jatim akan tetap menjadi lumbung pangan nasional. Bahkan, dia juga yakin jika Jatim akan mampu meningkatkan produksi padi di tahun ini.

"Dengan pompanisasi kami ingin bisa sama-sama menjamin atas bantuan 3.700 pompa air bisa meningkatkan hasil produksi padi kita nantinya," tegasnya.

Bantuan ini dikatakan Adhy sangat tepat diberikan lantaran Jatim mampu mempertahankan posisi sebagai produsen padi terbesar di Indonesia. Selama empat tahun berturut-turut, mulai dari 2020 hingga 2023, Jatim berkontribusi mencapai 17,9 persen terhadap produksi pangan nasional.

Adhy mengucapkan terima kasih kepada Andi Amran Sulaiman karena memilih Jatim sebagai provinsi pertama yang dikunjungi.

"Terima kasih pak menteri, karena Jatim menjadi provinsi pertama yang dikunjungi untuk program akselerasi produksi padi. Terima kasih memilih Jawa Timur," katanya.

Adhy mengatakan bahwa bantuan 3.700 pompa yang diterima Jatim kali ini adalah salah satu solusi untuk menghadapi El Nino karena terjadinya El Nino sangat berdampak pada pola tanam dan pola produksi padi.

"Menjawab kebutuhan kami bagaimana mengoptimalkan sawah sawah tadah hujan dan yang kekurangan air," tuturnya.

Tidak hanya itu, dia juga menyampaikan terima kasih kepada Menteri Pertanian RI yang telah memberikan bantuan berupa alsintan dan benih untuk Jawa Timur. Dia menyebut, bantuan ini adalah bentuk perhatian Menteri Pertanian RI kepada Jatim.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2483 seconds (0.1#10.140)