Uni Eropa Tegaskan Israel dan Ukraina Tidak Sama

Kamis, 18 April 2024 - 17:01 WIB
loading...
Uni Eropa Tegaskan Israel dan Ukraina Tidak Sama
Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa (UE) Josep Borrell. Foto/AP
A A A
BRUSSEL - Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa (UE) Josep Borrell menegaskan Kiev tidak boleh meminta dukungan yang sama seperti yang diberikan Barat kepada Yerusalem Barat selama serangan Iran karena kedua situasi tersebut tidak dapat dibandingkan.

Amerika Serikat (AS), Inggris, dan Prancis mengatakan mereka berkolaborasi dengan Pasukan Pertahanan Israel (IDF) pada Sabtu untuk menembak jatuh beberapa rudal dan drone Iran yang masuk.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky sejak itu meminta Washington dan sekutunya melakukan hal yang sama terhadap Kiev.

Menjawab pertanyaan wartawan setelah pertemuan para menteri luar negeri Uni Eropa pada hari Selasa, Borrell mengatakan kedua situasi tersebut adalah “hal berbeda yang tidak dapat dibandingkan.”

“Serangan Iran terjadi di pangkalan udara tentara Prancis, AS, Inggris, dan Yordania. Mereka telah melampaui basis mereka, yang kemudian bertindak untuk membela diri,” ujar Borrell.

“Tidak ada pangkalan udara Inggris, atau AS, apalagi Yordania, di wilayah Ukraina atau di wilayah yang dilintasi rudal Rusia. Oleh karena itu, jawaban yang sama tidak dapat diberikan karena situasinya tidak sama,” tegas dia.

Israel juga telah menghabiskan banyak waktu dan uang untuk membangun sistem pertahanan udara Iron Dome, yang tidak dapat dibangun UE dalam semalam di Ukraina “bahkan jika kami punya uang,” menurut diplomat Spanyol tersebut.

“Namun blok tersebut berusaha memberikan Kiev kemampuan pertahanan udara tambahan,” ujar dia.



Ketika ditanya apakah UE terlibat dalam membela Israel, Borrell mengatakan blok tersebut tidak terlibat langsung, karena UE bukan negara dan tidak memiliki tentara, tetapi beberapa anggotanya adalah negara.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1056 seconds (0.1#10.140)