alexametrics

Kalsel Siap Mengawal Keragaman di Indonesia Tetap Damai

loading...
Kalsel Siap Mengawal Keragaman di Indonesia Tetap Damai
Sekitar 40 peserta mengikuti pelatihan Juru Bicara Pancasila di Banjarmasin, Minggu (9/12/2018). Foto/Ist.
A+ A-
BANJARMASIN - Selama 13 tahun terakhir, dukungan terhadap Pancasila terus mengalami penurunan.Untuk itulah di Banjarmasin, Kalsel digelar penyelenggaraan Pelatihan Juru Bicara Pancasila.

Pelatihan yang digelar di Hotel Aria Barito dihadiri oleh 40 peserta yang berasal dari wilayah setempat dan dari berbagai macam lembaga. Pelatihan ini menggenapi kelahiran 1.000 juru bicara Pancasila yang sudah dimulai sejak Agustus 2018 lalu.

Fasilitator utama pelatihan, Khairul Umam dalam siaran persnya yang dikirim, Minggu (9/12/2018) , menuturkan, hasil survei yang dikeluarkan oleh lembaga Survey Denny JA, menujukkan bahwa Selama 13 tahun terakhir, dukungan terhadap Pancasila terus mengalami penurunan. Pada 2005 dukungan kepada Pancasila mencapai 85,2 persen dan pada 2018 menurun menjadi 75,3 persen atau turun sebesar 10 persen.



Hal inilah yang mendorong Komunitas Bela Indknesia (KBI) untuk menguatkan kembali Pancasila sebagai dasar negara, agar Indonesia dengan keragamannya akan terus damai. Selanjutnya, Umam menjelaskan bahwa pelatihan juru bicara Pancasila ini adalah pelatihan non partisipan politik. Gerakan ini hadir atas keresahan Denny JA dan kawan-kawan terhadap penurunan dukungan terhadap Pancasila.

Hal menarik lainnya dalam pelatihan ini adalah materi-materi yang tersaji. Di antaranya materi media sosial yang sengaja persiapkan agar peserta mampu menguasai teknik dalam memaksimalkan penggunaan media sosial terlebih untuk kampanye konten positif.

Dan setelah ini akan dilanjutkan dengan menyusun kesepakatan dalam bentuk rencana tindak lanjut, yang nantinya akan dipertemukan dalam forum nasional bersama 25 provinsi lainnya.

Anick HT, Koordinator KBI menjelaskan bila pelatihan ini sudah didesain sedemikian rupa dengan satu buku rujukan utama yang berjudul Rumah Bersama Kita Bernama Indonesia yang ditulis Denny JA dan tim. Di samping itu, menurut Anick, mereka juga menyiapkan seluruh matesri, baik isu maupun skill, berupa slide power point maupun dalam bentuk serial video, untuk dimanfaatkan oleh khalayak yang hendak mengadakan pelatihan sejenis di manapun.

Untuk diketahui, bersamaan dengan waktu Pelatihan Juru Bicara Pancasila di Banjarmasin, Bandung juga tengah menggelar pelatihan yang sama mulai Jumat (7/12) hingga Senin (10/12) sebagai penutup dari rangkaian Pelatihan Juru Bicara Pancasila di 25 provinsi kota.
(vhs)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak