alexametrics

Banjir-Tanah Longsor Landa Pacitan, Empat Orang Tewas, 236 Mengungsi

loading...
Banjir-Tanah Longsor Landa Pacitan, Empat Orang Tewas, 236 Mengungsi
Petugas gabungan mencari warga Dusun Jambu, Desa Sidomulyo, Kecamatan Kebonagung, Pacitan, Jatim yang tertimbun longsor. FOTO/IST
A+ A-
JAKARTA - Banjir dan tanah longsor melanda Kecamatan Kebonagung, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Empat orang dilaporkan tewas dan sebanyak 236 orang mengungsi.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, empat warga Dusun Jambu, Desa Sidomulyo, Kecamatan Kebonagung dilaporkan tewas karena tertimbun tanah longsor. Mereka adalah Misgiman (62), Sogiran (46), Bogiyem (72), dan Katinem (58).

"Saat ini masih dilakukan proses evakuasi oleh tim dari Basarnas," kata Sutopo dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (8/12/2018).

Tanah longsor terjadi setelah hujan dengan intensitas tinggi mengguyur wilayah Kecamatan Kebonagung, Pacitan, sejak Jumat (7/12/2018) sore. Hujan juga menyebabkan air sungai meluap. Sekitar pukul 20.30 WIB, air mulai masuk ke permukiman warga di Desa Purwosari, Kayen, Kebonagung dengan ketinggian antara 30-50 cm.

"Total ada 236 warga yang mengungsi akibat banjir," kata Sutopo.

Menurutnya, lebih dari 200 personel gabungan terlibat dalam penanganan banjir dan longsor di Pacitan. Mereka berasal dari BPBD Pacita, TNI, Polri, Basarnas, Babinsa, Babinkamtibmas, Dinkes, Dinsos, Banser, SAR, dan relawan.

BPBD Jatim sendiri telah mengirimkan bantuan 300 kaleng makanan siap saji, 2.000 lembar glangsing, alat kebersihan, baju layak pakai, beras, dan mi instan.
(amm)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak