Film Animasi Produksi AMIKOM Yogyakarta Menang di Asean ICT Awards

Sabtu, 08 Desember 2018 - 18:55 WIB
Film Animasi Produksi AMIKOM Yogyakarta Menang di Asean ICT Awards
Film Animasi Produksi AMIKOM Yogyakarta Menang di Asean ICT Awards
A A A
YOGYAKARTA - Film animasi produksi Universitas AMIKOM Yogyakarta berjudul November 10th (Battle Of Surabaya) kembali menuai penghargaan. Kali ini meraih Silver Winner Untuk Kategori Digital Content di ajang Asean ICT Awards 2018 yang diselenggarakan di Njana Tilem Museum, Ubud-Bali, pada 4 dan 5 Desember 2018.

Kompetisi ICT terbesar di Asia Tenggara ini merupakan kompetisi tahunan dan merupakan kerja sama dari Menteri Telekomunikasi negara-negara Asean (Telmin) dan diikuti oleh 80 peserta yang terbagi dalam 6 kategori. Acara ini dihadiri oleh 11 Menteri Komunikasi dan Informatika negara Asean, 12 Juri dari negara Asean, finalis dari negara-negara Asean dan beberapa official yang merupakan undangan.

Gelaran Asean ICT Award 2018 ini begitu istimewa, karena Indonesia mencetak sejarah pertama kali memiliki finalis terbanyak yang lulus ke babak final, di mana 7 dari 18 finalis merupakan perwakilan Indonesia yang disaring dari agenda Indonesia Up Award yang berlangsung bulan Agustus 2018 lalu.

Ketujuh inovasi Indonesia tersebut adalah : Pilkades E-voting (Silver Medal Kategori PUBLIC SECTOR), Aruna Indonesia (Gold Medal Kate-gori PRIVATE SECTOR), Gifood (Silver Medal Kategori CSR), Edubraille (Bronze Medal Kategori CSR), Sellution (Bronze Medal Kategori STARTUP COMPANY), dan tentu saja Battle Of Surabaya (Silver Medal Kategori Digital Content). Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Rudiantara, mengungkapkan apresiasinya atas prestasi yang ditorehkan oleh 7 inovasi asli indonesia tersebut.

"Saya juga bangga akan inovasi - inovasi yang telah banyak dilakukan oleh finalis yang tersaring dari 11 negara Asean, yang berkompetisi dalam teknologi", ungkapnya dalam Pengumuman pemenang Asean ICT Awards 2018.

Penghargaan yang diraih Film November 10th (Battle Of Surabaya) ini sendiri merupakan award ke 33 yang diraih oleh Film Animasi 2 Dimensi yang dibuat oleh salah satu Badan Usaha Milik Amikom, PT. MSV Studios.

Sebelum-nya, Film ini juga baru saja meraih Best Animation dalam Glendale International Film Festival 2018 di Glendale (USA), Outstanding Achievement Award dalam Calcutta International Cult Film Festival 2018 di Calcutta (India), Best Animation dalam Amsterdam International Film Festival 2018 di Amsterdam (Netherlands), Best Animation dalam Hollywood International Moving Pictures Film Festival 2018 di Hollywood (USA) dan puluhan penghargaan lain dari berbagai festival film internasional di seluruh dunia.
(akn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3635 seconds (0.1#10.140)