Tim Hukum Bupati Mamberamo Raya Minta KPUD Papua Jaga Integritas

Senin, 17 Agustus 2020 - 19:33 WIB
loading...
Tim Hukum Bupati Mamberamo Raya Minta KPUD Papua Jaga Integritas
Tim Hukum Bupati Mamberamo Raya Dorinus Dasinapa meminta dan berharap KPUD Provinsi Papua dapat menjaga integritas dan profesionalitas dalam menyelenggarakan pemilu serentak 2020
A A A
MEMBRAMO RAYA - Tim Hukum Bupati Mamberamo Raya Dorinus Dasinapa meminta dan berharap KPUD Provinsi Papua dapat menjaga integritas dan profesionalitas dalam menyelenggarakan pemilu serentak 2020 di Mamberamo Raya dan sejumlah wilayah lain di Papua.

Permintaan tersebut terkait perkembangan situasi terakhir, yaitu pertama diberhentikannya komisioner KPUD Mamberamo Raya oleh DKPP, dan untuk sementara waktu proses tahapan diambil alih oleh KPUD Provinsi Papua.

Kedua, sebelum dinyatakan diberhentikan oleh DKPP, KPUD Mamberamo Raya tengah menggelar pleno untuk memutuskan pencalonan pilkada dari jalur independen.

"Kami berharap agar proses verifikasi dan pleno lanjutan di KPUD Papua dapat lebih cermat dan teliti untuk memeriksa kembali (verifikasi) pencalonan pasangan calon indendepen," tegas Taufik Darus, ketua Tim Hukum Bupati Mamberamo Raya Dorinus Dasinapa dalam rilis yang diterima Sindonews, Senin (17/8/2020).

Ketiga, untuk mengisi kekosongan penyelenggaraan pemilu di Mamberamo Raya, kami berharap agar proses pergantian komisioner KPUD Mamberamo Raya dilakukan setelah tahapan pendaftaran selesai dilakukan. Mengingat tenggat waktu yang mepet dan KPUD Provinsi Papua harus lebih detil dan cermat terhadap calon-calon pengganti komisioner KPUD Mamberamo Raya, agar netralitas, integritas dan profesionalitas pihak penyelenggara tidak kembali di DKPP-kan. Itu sebabnya, harus diperiksa kembali anggota KPUD Mamberamo Raya. Rekam jejaknya, integritasnya, kapasitasnya dan pengalamannya di dunia kepemiluan.

Keempat, Tim Hukum dan Komunikasi Politik Bupati Mamberamo Raya, Dorinus Dasinapa menilai, Pemda Mamberamo Raya telah bekerja optimal untuk menyukseskan seluruh proses dan tahapan pemilukada serentak di Mamberamo Raya. Dan kami berharap agar pihak KPUD Provinsi Papua dapat membuka diri dan berkomunikasi dengan stake holder kepemiluan di Mamberamo Raya. Kami juga siap memberikan masukan, saran dan input yang positif bila diminta oleh KPUD Provinsi Papua yang tujuannya tidak lain untuk menyukseskan seluruh proses dan tahapan pemilu serentak di Mamberamo Raya dapat berjalan lancar, kondusif dan tertib hukum.

Kelima, Tim Hukum dan Komunikasi Politik Bupati Mamberamo Raya, Dorinus Dasinapa akan mengawal seluruh proses dan tahapan pemilu serentak di Mamberamo Raya agar berlangsung sukses, lancar dan tertib hukum. Kami juga akan siap dengan dinamika dan beragam kemungkinan yang muncul. Tujuannya tidak lain agar seluruh proses dan tahapan Pilkada Serentak 2020 di Mamberamo Raya dapat berlangsung sesuai mekanisme (ketentuan) hukum kepemiluan maupun produk peraturan perundangan yang berlaku.

Taufik berharap perhelatan Pilkada Serentak 2020 di Mamberamo Raya dapat berjalan kondusif, aman, damai dan tertib hukum.
(ars)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4756 seconds (0.1#10.140)