alexametrics

Pemprov Jabar Dinobatkan sebagai Pemerintah Daerah Terinovatif

loading...
Pemprov Jabar Dinobatkan sebagai Pemerintah Daerah Terinovatif
Gubernur Jabar Ridwan Kamil menerima penghargaan Pemerintah Daerah Terinovatif dari Mendagri Tjahjo Kumolo, Jumat (6/12/2018) malam. FOTO/IST
A+ A-
BANDUNG - Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menobatkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat sebagai Pemerintah Daerah Terinovatif dalam ajang Innovative Government Award (IGA) 2018.

Penobatan tersebut ditandai dengan penyerahan penghargaan Pemerintah Daerah Terinovatif dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo kepada Gubernur Jabar Ridwan Kamil pada Malam Penghargaan Innovative Government Award 2018 di Puri Agung Convention Hall Hotel Grand Sahid Jaya, Jakan Jenderal Sudirman Jakarta, Jumat (7/12/2018) malam.

Gubernur Jabar yang akrab disapa Emil mengungkapkan, penghargaan tersebut menjadi bukti bahwa inovasi menjadi sebuah budaya yang hadir di Jabar. "Alhamdulillah, Jawa Barat-nya terinovatif, (Kota) Bandung sebagai mantan saya (mantan Wali Kota Bandung) juga terinovatif," kata Emil dalam keterangan tertulis yang diterima SINDOnews, Sabtu (7/12/2018).

"Jadi, dua-duanya membuktikan inovasi adalah sebuah budaya bagi kami di Jawa Barat dan di Bandung juga. Mudah-mudahan ini juga menjadi sebuah semangat dan kebanggaan," kata Emil.

Sementara itu, Mendagri Tjahyo Kumolo menekankan, penghargaan ini diharapkan bisa merangsang 514 daerah kabupaten/kota dan 34 provinsi di Indonesia bahwa inovasi penting karena bisa memangkas biaya dan meningkatkan efisiensi. Selain itu, inovasi juga bisa menjadi momentum kebangkitan bangsa dan meningkatkan daya saing Indonesia, di mana daya saing Indonesia kini berada di posisi ke-36 dari 137 negara.

"Inovasi salah satu model yang bisa diterapkan untuk mengejar ketertinggalan dalam konteks daya saing," ujar Mendagri.

Ada lima kategori dalam IGA 2018. Berikut pemerintah daerah penerima penghargaan:

A. Kategori Pemerintah Daerah Provinsi:

- Peringkat 1. Provinsi Jawa Barat

- Peringkat 2. Provinsi Jawa Timur

- Peringkat 3. Provinsi Sumatera Barat

B. Kategori Pemerintah Daerah Kabupaten:

- Peringkat 1. Kabupaten Banyuwangi

- Peringkat 2. Kabupaten Padang Pariaman

- Peringkat 3. Kabupaten Banggai
halaman ke-1 dari 2
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak