Mengenal Makharijul Huruf Beserta Jenis-jenisnya

Rabu, 17 April 2024 - 19:43 WIB
loading...
Mengenal Makharijul Huruf Beserta Jenis-jenisnya
Mengenal Makharijul Huruf berserta jenisnya. Ilustrasi: Ist
A A A
Mengenal makharijul huruf penting bagi umat Islam . Istilah tersebut berkaitan dengan pelafalan huruf hijaiyah yang benar dan tepat.

Saat membaca Al-Qur’an , umat Islam perlu melafalkan hurufnya dengan baik dan benar. Bukan tanpa alasan, hal ini dilakukan untuk meminimalisir kesalahan dalam pelafalan huruf yang bisa berakibat pada perbedaan arti.

Demi menjalankan anjuran di atas, umat Islam bisa mempelajari makharijul huruf. Berikut ini penjelasannya yang dapat disimak.

Apa itu Makharijul Huruf?

Saat belajar ilmu tajwid , makharijul huruf hijaiyah menjadi salah satu materi dasar yang perlu dikuasai dengan baik dan benar. Hal ini untuk meminimalisir terjadinya kesalahan pengucapan pada huruf hijaiyah yang berpotensi menyebabkan berubahnya makna atau arti.



Mengutip Repository IAIN Kudus, makharijul huruf berasal dari bahasa Arab . Masing-masing adalah "مخارج" (makhraj) dan "حُرُوف" (hurf).

Secara bahasa, makharijul huruf biasa dimaknai sebagai istilah yang mengacu pada tempat-tempat keluarnya huruf hijaiyah ketika diucapkan. Lebih jauh, makharijul huruf juga terbagi atas lima jenis. Berikut ini di antaranya.

1. Lisan (lidah)

Al-Lisan adalah bunyi huruf hijaiyah yang diucapkan dari lidah. Hurufnya ada sekitar 18, yaitu qof (ق), kaf (ك), jim (ج), syin (ش), ya' (ي), dho (ض), lam (ل), nun (ن), ro (ر), da (د), ta' (ت), tho' (ط), shod (ص), sin (س), za (ز), dzho (ظ), tsa (ث), dan dzal (ذ).

-Pangkal lidah dan langit-langit mulut bagian belakang (huruf Qof/ ق)

Bunyi huruf qof keluar dari pangkal lidah dekat kerongkongan yang dihimpitkan ke langit-langit mulut bagian belakang.

-Pangkal lidah bagian tengah dan langit-langit mulut bagian tengah (huruf Kaf (ك)

Huruf kaf keluar bunyi dari pangkal lidah di depan makhraj huruf qof, yang dihimpitkan ke langit-langit bagian mulut bagian tengah.

-Tengah-tengah lidah (huruf Jim ( ج ), Syin ( ش ) dan Ya’ ( ي )



Tiga huruf di atas biasa disebut huruf Syajariyah ( شجريّة ). Artinya adalah huruf-huruf sebangsa tengah lidah. Bunyi dari huruf-hurufnya berasal dari tengah-tengah lidah tepat dan menepati langit-langit mulut yang tepat di atasnya.

-Pangkat tepi lidah (huruf Dlod ( ض )

Bunyi huruf Dlod ( ض ) berasal dari tepi lidah (kanan atau kiri) hingga sambung dengan makhrojnya huruf lam, serta menepati graham. Huruf ini lazim disebut Jambiyah atau huruf sebangsa tepi lidah.

-Ujung tepi lidah (huruf Lam (ل)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1590 seconds (0.1#10.140)