alexametrics

Desa Kadirejo Semarang Terapkan Program Surat Elektronik

loading...
Desa Kadirejo Semarang Terapkan Program Surat Elektronik
Warga Desa Kadirejo, Kecamatan Pabelan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah saat mengakses sistem pelayanan administrasi kependudukan berbasis teknologi informasi yang baru diuji coba, Kamis (6/12/2018). FOTO/SINDOnews/ANGGA ROSA
A+ A-
SEMARANG - Tokoh pemuda Desa Kadirejo, Kecamatan Pabelan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah Riyadi menyiapkan program Sistem Percepatan Pelayanan Surat Elektronik (SP2SE). Ini untuk mempermudah masyarakat dalam mengakses pelayanan administrasi kependudukan dan surat-surat penting lainnya dari Pemerintah Desa Kariderejo.

"SP2SE adalah suatu sistem terintegrasi yang digunakan untuk mempermudah dan mempercepat akses pelayanan kepada masyarakat. Program ini akan membantu masyarakat dalam mendapatkan pelayanan yang cepat dan tepat. Ini akan saya realisaikan untuk masyarakat," kata Riyadi, Kamis (6/12/2018).

Dia mengatakan, selama ini sistem pelayanan masyarakat di Desa Kadirejo masih dilakukan secara konvensional. Saat membutuhkan pelayanan administrasi kependudukan dan surat-surat penting lainnya masyarakat harus meluangkan waktu datang ke Kantor Desa Kadirejo.

"Program SP2SE dioperasionalkan secara online dan bisa diakses melalui handphone Android. Dengan demikian masyarakat bisa mengakses pelayanan surat-surat yang dibutuhkan dari rumah," ujarnya.

Menurut dia, dirinya tergugah untuk menerapkan program tersebut lantaran ingin membantu masyarakat dalam mengakses pelayanan publik serta membangun tanah kelahirannya ke depan lebih baik dari sari saat ini. Tak hanya itu, Riyadi juga mengajak masyarakat untuk mengembangkan diri dan membangun desa baik di sektor pertanian maupun perdagangan agar memiliki daya saing yang kuat.

"Kalau desa sudah maju, tentunya tingkat kesejahteraan masyarakat juga akan meningkat. Ini mimpi yang akan saya realisasikan," ucapnya.

Sementara itu, Direktur PT Sarana mandiri Teknologi Didin Sutarman, vendor aplikasi SP2SE menyatakan, program ini akan mempersingkat waktu pelayanan masyarakat mengenai administrasi kependudukan dan surat-surat yang dibutuhkan masyarakat.

"SP2SE bisa diakses dengan mudah dan cepat. Bahkan dimungkinkan surat yang diminta warga, setelah jadi bisa diantar ke rumah oleh petugas dari desa," ujarnya.

Menurut dia, setidaknya ada 20 pelayanan yang bisa diakses masyarakat melalui SP2SE. Antara lain, surat permohonan akta kelahiran, kematian, kartu keluarga (KK), kartu tanda penduduk (KTP) dan surat-surat administrasi kependudukan lainnya. Mekanismenya, masyarakat cukup memasukan nomor induk kependudukan (NIK) ke aplikasi. Kemudian akan muncul pelayanan yang tersedia dalam aplikasi.

"Selanjutnya, masyarakat tinggal memilih pelayanan yang dibutuhkan. Permohonan langsung terintegrasi kepada admin program SP2SE di kantor desa dan kepala desa. Setelah itu, surat bisa dicetak dan ditandatangani oleh kepala desa. Jadi tidak butuh waktu lama surat yang dibutuhkan sudah jadi," katanya.
(amm)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak