alexametrics

2 Tanggul di Sleman Ambrol Diterjang Hujan Lebat

loading...
2 Tanggul di Sleman Ambrol Diterjang Hujan Lebat
Tanggul Dam Lojajar, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, DIY, ambrol setelah diguyur hujan, Rabu (5/12/2018) sore. Foto/Istimewa/BPBD Sleman
A+ A-
SLEMAN - Hujan deras yang menguyur wilayah Sleman, Rabu (5/12/2018) menyebabkan dua tanggul di Ngaglik dan Tempel longsor.

Dua tanggul yang jebol, adalah Dam Lojajar, Dayakan, Sardonoharjo, Ngaglik longsor setinggi 6 meter (m) dengan panjang 13 m dan lebar 6 m. Longsornya tanggul ini menyebabkan retakan tanggul atas 12 meter. Kemudian tanggul Jambean, Banyurejo, Tempel.

"Tanggul ini longsor setinggi 10 meter, panjang juga 10 meter dan lebar 2 meter," kata Kabid Logistik dan Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sleman, Rabu (5/12/2018) malam.

Makwan menjelaskan, longsornya tanggul tersebut menyebabkan dindingnya menjadi tergerus. Bahkan longsoran tanggul Jambean menyebabkan akses jalan bagi warga yang berada di sekitar tersebut terganggu sebab longsoran menutup jalan.

Tercatat ada dua rumah yang dihuni dua kepala keluarga dengan empat jiwa yang ada di tempat itu. "Sebagai tindaklanjutnya kami langsung melakukan memasang garis polisi sebagai tanda bahaya di dekat lokasi longsor sebagai penangganan awal," terangnya.

Selain tanah longsor, hujan deras yang disertai angin kecang itu juga menyebabkan pohon di beberapa titik tumbang. Tercatat ada tiga titik, yakni di SDN Kadisobo, Trimulyo, Sleman, Jomblang Sompilan, Tegaltirto, Berbah dan Jetis Beran, Sardonoharjo, Ngaglik.

Untuk itu petutas gabungan tim reaksi cepat (TRC) BPBD dan kecamatan Sleman, linmas, PLN dan RC 920 serta dibantu warga langsung melakukan pembersihan pohon dari jalan raya. Kabag Humas dan Protokol Pemkab SlemaN Sri Winarti menambahkan dari informasi BMKG DIY pada musim pancaroba ini memang berpotensi terjadinya hujan lebat disertai petir dan angin kencang di beberpa wilayah Sleman. Untuk itu meminta warga meningkatkan kewaspadaan dan hati-hati saat turun hujan apalagi disertai angin kencang.
(wib)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak