Pertamina Jaga Stabilitas Harga di Tengah Kenaikan Harga Minyak Dunia

Senin, 15 April 2024 - 19:08 WIB
loading...
Pertamina Jaga Stabilitas Harga di Tengah Kenaikan Harga Minyak Dunia
Pertamina memastikan pasokan serta stabilitas harga BBM terjaga di tengah kenaikan harga minyak dunia. FOTO/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Di tengah kenaikan harga minyak dunia seiring eskalasi konflik di Timur Tengah, PT Pertamina Patra Niaga selaku Sub Holding Commercial & Trading Pertamina memastikan keamanan pasokan serta stabilitas harga bahan bakar minyak (BBM) di dalam negeri.

Seperti diketahui, pascaserangan balasan Iran ke Israel, harga minyak mentah terus bergerak naik. Tensi geopolitik dan pengurangan pasokan OPEC+ mengerek harga minyak dunia naik hampir 18% tahun ini.



"Kecenderungan harga minyak mentah naik, namun kami tetap memastikan pasokan BBM nasional dalam kondisi aman. Kami juga berkomitmen menjaga harga BBM domestik tetap stabil agar tidak berdampak pada inflasi dan daya beli masyarakat," ungkap Direktur Utama Pertamina Patra Niaga Riva Siahaan dalam keterangan resminya, Senin (15/4/2024).

Riva menambahkan, Pertamina mengambil kebijakan mempertahankan harga meski biaya produksi BBM meningkat seiring kenaikan harga minyak dunia. Sebagai perusahaan negara, tegas dia, Pertamina Patra Niaga mendukung upaya pemerintah menjaga perekonomian nasional tetap stabil dan kondusif.

Pertamina Patra Niaga, lanjut dia, juga memastikan stok BBM nasional aman selama Ramadan dan Idulfitri. Pasokan tersedia jauh lebih tinggi untuk mengantisipasi lonjakan permintaan selama arus mudik dan balik Lebaran.



Saat ini, jelas Riva, stok Pertalite tercatat berada di level 20 hari, Pertamax 41 hari, Pertamax Turbo 58 hari, Solar dan Biosolar 22 hari, Pertamina Dex 70 hari serta Avtur 41 hari. "Penambahan stok telah disiapkan sejak Satgas Natal dan Tahun Baru untuk memastikan kebutuhan nasional terpenuhi dengan baik," tuturnya.

Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Irto Ginting menambahkan, setelah memenuhi kebutuhan BBM dan LPG pada arus mudik, Pertamina Patra Niaga masih akan terus bersiaga menyiapkan kebutuhan masyarakat pascalibur Idulfitri dan arus balik yang saat ini masih berlangsung.

"Satgas RAFI terus siaga dan kebutuhan BBM pemudik menjadi perhatian Pertamina Patra Niaga untuk memastikan masyarakat dapat melakukan perjalanan dengan aman dan lancar," tandasnya.
(fjo)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1711 seconds (0.1#10.140)