Mengapa Perang Menyebar ke Negara Timur Tengah?

Senin, 15 April 2024 - 18:40 WIB
loading...
Mengapa Perang Menyebar ke Negara Timur Tengah?
Perang Israel dan Hamas menyebar ke banyak negara di Timur Tengah. Foto/AP
A A A
TEL AVIV - Serangan di Laut Merah. Serangan udara di Bagdad. 300 drone dan rudal Iran yang menarget Israel. Itu semua merupakan imbas dari konflik dengan Hamas meluas melintasi perbatasan, apakah kekerasan yang lebih luas tidak bisa dihindari? Jawabannya tidak!

Ancaman peningkatan perang antara Israel dan Hamas telah menjadi topik dominan di media internasional selama berbulan-bulan.

“Berdasarkan pertemuan saya dan dinamika yang saya amati di lapangan, saya ingin mengatakan hal berikut: risiko perluasan konflik ini nyata, sangat, sangat nyata, dan sangat berbahaya,” kata utusan PBB untuk Timur Tengah Tor Wennesland, dilansir DW.

Mengapa Perang Menyebar ke Negara Timur Tengah?

1. Israel Memiliki Banyak Musuh

Mengapa Perang Menyebar ke Negara Timur Tengah?

Foto/AP

Satu negara berada di urutan teratas dalam sebagian besar skenario eskalasi yang paling dikhawatirkan: negara tetangga Israel di utara, Lebanon, yang merupakan rumah bagi partai politik dan kelompok militer Syiah radikal Hizbullah, yang didukung oleh Hamas dan terlebih lagi oleh Iran.

Hizbullah bertujuan menghancurkan Israel dan diklasifikasikan sebagai organisasi teroris di banyak negara Barat, termasuk Amerika Serikat dan Jerman. Secara militer, mereka juga jauh lebih kuat dibandingkan Hamas, dan para ahli memperkirakan bahwa mereka saat ini mempunyai persediaan senjata sedikitnya 100.000 roket. Dalam beberapa pekan terakhir, tentara Israel dikatakan telah membunuh pejuang bersenjata yang maju hingga Israel dalam pertempuran berulang kali di sepanjang perbatasan.

Hizbullah, kekuatan politik utama dalam struktur kekuasaan Lebanon yang kompleks, mendeklarasikan “hari kemarahan” setelah tragedi rumah sakit tersebut namun sejauh ini berhasil menghindari eskalasi militer. Banyak pengamat mengatakan bahwa pejuang Hizbullah akan segera menghadapi tantangan jika serangan Israel di Gaza meluas dan sebagian wilayah tersebut bahkan diduduki oleh Israel.

Dampaknya adalah kemungkinan terjadinya perang dua front. Hampir semua pakar militer sepakat bahwa ini akan menjadi unjuk kekuatan militer besar-besaran oleh Israel yang akan semakin mengganggu stabilitas seluruh kawasan.


2. Iran Selalu Menebar Pengaruh

Mengapa Perang Menyebar ke Negara Timur Tengah?

Foto/AP

Sejauh ini, belum ada bukti jelas bahwa Iran terlibat aktif dalam persiapan serangan teror Hamas. Meskipun Hamas diketahui didukung oleh Iran, Hamas juga berulang kali mengambil keputusan sendiri di masa lalu.

Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amirabdollahian telah merujuk pada kemungkinan “tindakan pencegahan” terhadap Israel. Namun, banyak pengamat melihat tujuan utama Iran lebih sebagai melancarkan perang proksi dari jauh dengan mendukung Hamas, Hizbullah, dan kelompok teroris Palestina Jihad Islam, sehingga memaksa Israel terlibat dalam perang dua front secara de facto.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0975 seconds (0.1#10.140)