alexametrics

KA Joglosemarkerto Dinilai Mampu Dongkrak Pariwisata Gunungkidul

loading...
KA Joglosemarkerto Dinilai Mampu Dongkrak Pariwisata Gunungkidul
Pemkab Gunungkidul menyambut positif peluncuran kereta api Joglosemarkerto. FOTO/DOK.SINDOnews
A+ A-
GUNUNGKIDUL - PT Kereta Api Indonesia (persero) bakal meluncurkan layanan baru kereta api Jawa Tengah dan Yogyakarta pada 1 Desember 2018. Kereta api relasi baru ini melayani rute Yogyakarta–Solo–Semarang–Purwokerto atau disingkat Joglosemarkerto.

Dibukanya rute kereta api mengelilingi Jateng-DIY mendapatkan respons positif. Salah satunya Pemkab Gunungkidul yang saat ini sedang gencar melakukan promosi wisata.

"Adanya kereta api yang mengelilingi Jateng DIY tentu saja menjadi angin positif bagi dunia pariwisata. Dan Gunungkidul juga menyambut positif," kata Wakil Bupati Gunungkidul Immawan Wahyudi, Jumat (30/11/2018).



Integrasi layanan kereta Api relasi Yogyakarta, Solo, Semarang, Purwokerto, menurut Imawan, akan semakin memudahkan masyarakat bepergian. Dengan demikian efek domino dari layanan kereta api tersebut juga akan terasa. Terutama dunia transportasi wisata," katanya. (Baca juga: Mulai 1 Desember KA Joglosemarkerto Siap Layani Rute DIY-Jateng)

Immawan juga menyinggung wacana pemindahan Kebun Binatang Gembira Loka. Pemkab Gunungkidul siap menjadi tempat tujuan kepindahan kebun binatang tersebut. "Kita siap menerima jika Gembira Loka pindah di Gunungkidul. Namun kalau ditolak, kita buka kran bagi investor mengembangkan pariwisata," ujarnya.

Pengelola objek wisata air terjun Srigethuk, Tri Harjono berpendapat, dengan semakin mudahnya layanan moda transportasi kereta api, diyakini memberikan dampak besar bagi sektor pariwisata, terutama di DIY dan Gunungkidul. Untuk itu dia berharap upaya promosi wisata bisa dilakukan di stasiun-stasiun kereta api.

"Ini peluang sebenarnya bagi kami pelaku wisata. Namun juga perlu ada tambahan moda transportasi yang memudahkan wisatawan sampai ke objek wisata yang diinginkan," ucapnya.
(amm)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak