Tak Takut dengan Ancaman Serangan Balasan Israel, Rakyat Iran Tetap Hidup Normal

Minggu, 14 April 2024 - 20:40 WIB
loading...
Tak Takut dengan Ancaman Serangan Balasan Israel, Rakyat Iran Tetap Hidup Normal
Rakyat Iran menjalani kehidupan normal. Foto/AP
A A A
TEHERAN - Dapat dikatakan bahwa Iran sekarang menunggu untuk melihat bagaimana tanggapan Israel. Itu ditunjukkan bahwa rakyat Iran menjalani kehidupannya dengan normal.

"Berdasarkan apa yang telah kita lihat dan dengar dari masyarakat umum Iran selama beberapa jam terakhir, pertama-tama ada perasaan lega bahwa Iran akhirnya berhasil melawan Israel setelah empat dekade perang bayangan yang terus berlanjut antara kedua belah pihak. Ini adalah pertama kalinya Iran mengambil tanggapan langsung terhadap Israel, menentang apa yang Iran sebut sebagai agresi Israel," demikian laporan Al Jazeera.

Masyarakat Iran senang dengan fakta bahwa Teheran telah mengambil keputusan untuk bereaksi, namun ada juga rasa khawatir mengenai apa yang akan dilakukan Israel selanjutnya.

Banyak orang percaya bahwa meskipun Iran mempunyai hak untuk melakukan pembalasan dan bahwa tanggapan mereka sebanding dengan apa yang terjadi di Damaskus pada tanggal 1 April, ada perasaan bahwa Israel dan khususnya PM Israel Netanyahu sedang mencari alasan untuk menyerang Iran. Netanyahu mengatakan selama 20 tahun terakhir bahwa Iran adalah salah satu ancaman terbesar bagi Israel dan salah satu cara untuk memberantas ancaman ini adalah dengan menyerang situs nuklir Iran.

Rakyat Iran pada dasarnya menunggu untuk melihat apa yang akan terjadi; kehidupan di sini berjalan seperti biasa, tidak ada yang ditutup dan tidak ada peringatan yang dikeluarkan oleh pemerintah.



"Kami memang melihat antrean di pompa bensin tadi malam pada awal operasi dan kami juga melihat orang-orang berkumpul di luar kedutaan Inggris dan di Lapangan Palestina di Teheran untuk menunjukkan dukungan mereka terhadap keputusan yang dibuat oleh para pemimpin negara tersebut," demikian laporan Al Jazeera.

Sementara itu, Bandara Mehrabad, di ibu kota Iran, Teheran, dan bandara di beberapa kota Iran lainnya telah membatalkan penerbangan domestik hingga Senin pagi, lapor kantor berita semi-resmi Mehr.

Irak membuka kembali wilayah udaranya beberapa jam setelah menghentikan semua lalu lintas udara, otoritas penerbangan mengumumkan.

Yordania, yang bertetangga dengan Irak serta Israel, dan Lebanon juga membuka kembali wilayah udaranya masing-masing setelah sebelumnya menutupnya, begitu pula Israel.

(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1046 seconds (0.1#10.140)