Sleman Raih Predikat Ruang Bermain Ramah Anak

Jum'at, 30 November 2018 - 17:28 WIB
Sleman Raih Predikat Ruang Bermain Ramah Anak
Sleman Raih Predikat Ruang Bermain Ramah Anak
A A A
SLEMAN - Taman bermain Denggung, Tridadi, Sleman dipastikan meraih predikat ruang bermain ramah anak (RBRA). Kepastian ini taman bermain Denggung mendapat nilai 356 dari tim audit Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan anak (Kemen PPPA). Penilaian sendiri berlangsung selama empat yaitu mulai Senin-Kamis (26-29/11/2018).

Ketua tim audit Kemen PPPA, Hendy Tamara mengatakan, ada empat kriteria dalam penilaian ruang bermain anak (RBA). Yaitu RBA Pratama (178-190), RBA Madya (191-205), RBA Nindya (2016-225), RBA Utama (226-250) dan RBRA (251-455).

"Ruang bermain anak Denggung mendapat skor 356. Nilai ini cukup untuk menjadikan Ruang Bermain Denggung Sebagai Ruang Bermain Ramah Anak dan diusulakan untuk bersertifikasi," kata Hendy di Sleman, Jumat (30/11/2018).

Hendy menjelaskan, dalam melakukan penilaian tim sebelumnya menjelaskan tentang beberapa kriteria penilaian dan melakukan peninjauan langsung dilapangan maupun verifikasi administrasi. Selama melakukan peninjauan lapangan tim langsung melihat dan mengamati arena bermain anak yang luasnya mencapai 1300 meter persegi tersebut.

“Beberapa sarana dan prasarana yang harus ada langsung ditunjukkan kekurangannya dan beberapa peralatan bermain yang rusak juga langsung dilakukan pembenahan dan perbaikan,” paparnya.

Kabid Lingkungan Raman Anak Kemen PPPA Sri Martini menambahkan penilaian ini sekaligus sebagai upaya untuk melakukan pembenahan peralatan agar dapat memenuhi standar untuk keamanan dan kenyamanan bagi anak.

"Penilaian ini juga untuk meningkatkan kelayakan fasilitas ruang tumbuh kembang anak di ruang publik. Selain ruang keluarga dan ruang sekolah, untuk anak-anak dapat belajar yang menyenangkan," tambahnya.

Wakil Bupati Sleman Sri Muslimatun mengaku bangga dengan hasil tersebut. Pencapaian ini menurutnya berkat kerja keras dari organisasi perangkat daerah (OPD) Sleman yang telah berkomitmen untuk mewujudkan Sleman sebagai Kabupaten Layak Anak (KLA) yang sesungguhnya.

"Ke depan beberapa catatan yang disampaikan tim segera akan ditindaklanjuti oleh OPD sesuai ketugasan masing-masing," ungkapnya.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0265 seconds (0.1#10.140)