Jalin Kerja Sama Sains dan Teknologi, Wagub Sumut Kunjungi Rusia

Rabu, 28 November 2018 - 17:20 WIB
Jalin Kerja Sama Sains dan Teknologi, Wagub Sumut Kunjungi Rusia
Jalin Kerja Sama Sains dan Teknologi, Wagub Sumut Kunjungi Rusia
A A A
MEDAN - Kembangkan kerja sama di bidang sains dan teknologi, Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut), Musa Rajekshah berkunjung ke Tomsk, Rusia.

Kedatangan Wagub Musa Rajekshah disambut Lyudmila Ogorodova, Wakil Gubernur Wilayah Tomsk, Rusia bidang Sains dan Pendidikan. Turut hadir Kepala Balitbang Pemprov Sumut Effendy Pohan dan Konsulat Jenderal Federasi Rusia di Medan Dr Muhammad Fauzi Nasution SpB, SpB(K)V, (K)EV, MSurg.

Kedua pihak mengadakan rapat dan membahas tentang arah kerja sama sains dan teknologi dengan pemerintah dan universitas dari dua wilayah. serta kebutuhan Indonesia dalam keahlian ilmiah dan dukungan teknologi di bidang teknologi informasi, pertanian dan biomedis.

Wagub Musa Rajekshah mengungkapkan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut berharap dapat mengembangkan kerja sama bidang sains dan teknologi dengan Tomsk, karena sistem pendidikan di Tomsk merupakan salah satu yang terbaik di Rusia.

Sistem pendidikan di Tomsk juga didukung dengan fasilitas yang lengkap. Juga lebih murah jika dibanding dengan negara lain, seperti Amerika Serikat dan Australia. Bahkan, biaya pendidikan satu siswa di Amerika Serikat atau Australia akan sebanding dengan pelatihan enam spesialis di Rusia.

“Sistem pendidikan di Tomsk ini terkenal sebagai salah satu yang terbaik. Juga berkualitas tinggi dan relatif murah,” ujar Musa dalam keterangan tertulisnya, Rabu (28/11/2018).

Karena itu, menurut Musa, pihaknya tertarik untuk mengadakan kerja sama pelatihan dokter spesialis dengan Tomsk. Tujuannya untuk meningkatkan kualitas para dokter spesialis di Sumut, sehingga mampu bersaing di pasar global.

“Sehingga tidak ada lagi warga Sumut yang berobat ke luar negeri. Karena selain lebih mahal, layanan medis kita di Sumut juga tidak kalah dengan yang ada di luar negeri,” jelasnya.

Wakil Gubernur Tomsk Lyudmila Ogorodova menuturkan pihaknya tertarik untuk menjalin kerja sama dengan Indonesia, khususnya Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut. “Kami tertarik untuk mengembangkan kerja sama dengan Indonesia dan siap berkontribusi dalam pelatihan spesialis, termasuk guru di bidang minat. Sistem pendidikan Tomsk adalah salah satu yang terbaik di Rusia, SSMU (Siberian State Medical University) adalah salah satu universitas terbaik untuk melatih personel medis, memiliki klinik sendiri di mana Anda bisa mendapatkan keterampilan praktis,” ujarnya.

Lyudmila juga menekankan bahwa salah satu Pusat Penelitian Tomsk National Research terbesar di Rusia beroperasi di kawasan tersebut, menyatukan enam lembaga penelitian terkemuka. “Di bidang kami, mahasiswa asing bisa mendapatkan pendidikan berkualitas tinggi dan relatif murah, kami adalah salah satu wilayah Rusia yang paling aman, ramah dan toleran,” katanya.

Diketahui, selama ini Indonesia, termasuk Sumut, sudah menjalin kerja sama bidang pendidikan dengan Tomsk Rusia. Saat ini, sedikitnya 25 mahasiswa dari Indonesia belajar di sejumlah Universitas di Tomsk. Di antaranya di Tomsk State University (TSU), Tomsk Polytechnic University (TPU) dan Siberian State Medical University (SSMU).
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6058 seconds (0.1#10.140)