alexametrics

Tanah Longsor Terjang Purwakarta, Lima Warga Terkubur

loading...
Tanah Longsor Terjang Purwakarta, Lima Warga Terkubur
Puluhan warga dan tim SAR berusaha mengevakuasi korban longsor di Desa Salam Jaya, Purwakarta, Selasa (27/11/2018) malam. Foto: SINDOnews/ Asep Supiandi
A+ A-
PURWAKARTA - Tanah longsor mengubur tiga rumah di RT 7/RW 04, Desa Salam Jaya, Kecamatan Pondoksalam, Purwakarta, Jawa Barat, Selasa (27/11/2018) petang. Hingga Selasa malam, proses evakuasi korban masih terus berlangsung.

Akibat peristiwa itu, lima warga terkubur longsoran tanah. Dari lima orang itu, satu orang telah terselamatkan, dua orang dinyatakan meninggal dunia, dan dua korban masih terkubur.





Berdasarkan keterangan yang dihimpun SINDOnews, longsor dipicu hujan lebat yang mengguyur sejak sore hari, sehingga membuat areal persawahan yang berada di atas permukiman warga ambrol. Material longsor langsung meluncur ke bawah dan mengubur tiga rumah yang berada paling dekat dengan persawahan itu.



"Para warga memang sedang berada di rumah, totalnya ada 13 orang. Pada saat kejadian, yang delapan orang berhasil menyelamatkan diri, sementara lima lainnya terkubur," ungkap Kepala Desa Salam Jaya, Wahyu Paturahman, kepada SINDOnews, di lokasi kejadian, Selasa malam.



Dia menyebutkan, sesaat setelah kejadian, aparat desa, warga, dan tim SAR dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (DPKPB) Purwakarta, langsung melakukan upaya pencarian korban yang terkubur. Hasilnya tiga orang berhasil dievakuasi.



Namun, dari ketiga korban yang berhasil dievakuasi itu, dua orang dinyatakan meninggal dunia atas nama Bakri dan Mak Acem. Sedangkan satu orang lagi atas nama Yanti masih hidup meskipun kondisinya cukup kritis.



"Dua korban lagi, yakni suami Yanti atas nama Iwan, dan anaknya yang masih berusia tujuh tahun masih, terkubur dan belum diketahui nasibnya," kata Wahyu.



Pantauan SINDOnews, hingga Selasa malam puluhan warga dan tim SAR dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Purwakarta masih terus berusaha mengevakuasi dua korban yang masih tertimbun.
(thm)
preload video
loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak