5 Tipe Pendengar K-Pop atau K-Popers, Nomor 4 Harus Dijauhi!

Jum'at, 12 April 2024 - 19:15 WIB
loading...
5 Tipe Pendengar K-Pop atau K-Popers, Nomor 4 Harus Dijauhi!
Tipe pendengar K-pop alias K-popers setidaknya ada lima jenis, dari yang penggemar setia hingga yang obsesif. Foto/Ed Jones, AFP
A A A
JAKARTA - Ada beberapa tipe pendengar K-pop yang bisa kita temui, dari yang sangat berdedikasi sampai yang berbahaya bagi orang lain.

K-pop diartikan sebagai musik dari budaya pop Korea. Lebih dari sekadar genre yang terpengaruh musik hiphop Amerika dan pop Jepang, K-pop meliputi sistem pelatihan yang keras sejak usia dini untuk menjadi performer (menyanyi, menari dengan koreografi tertentu, dan menghibur penonton).

Termasuk di dalamnya juga kostum yang terkonsep saat tampil di atas panggung maupun dalam video musik. Belum lagi pembuatan konten non-musik yang menyertainya, juga interaksi langsung dengan penggemar. Semuanya menjadi satu kesatuan dalam industri musik K-pop.



Begitu masifnya K-pop ke seluruh dunia, musik ini kini mulai mendapat perhatian lebih, tak terkecuali di Indonesia. Pastinya dalam lingkungan pergaulan kita setidaknya ada satu orang yang menjadi penggemar atau pendengar K-pop.

Yang menarik, ada berbagai macam jenis pendengar K-pop. Orang awam mungkin hanya mengenalnya sebagai "fans K-pop" atau "K-popers", tapi dalam budaya K-pop atau fandom K-pop, ada beberapa istilah yang lebih spesifik. Berikut ulasannya.

Jenis-Jenis Pendengar K-Pop

1. Stan

5 Tipe Pendengar K-Pop atau K-Popers, Nomor 4 Harus Dijauhi!

Foto: Benzoix/Freepik

Stan adalah istilah untuk menyebut penggemar berat satu grup K-pop tertentu. Mereka yang tergolong stan biasanya akan masuk ke dalam fandom atau komunitas penggemar grup tersebut.

Seorang stan adalah penggemar yang berdedikasi tinggi pada grup kesayangannya itu. Mereka akan mendengarkan seluruh rilisan lagunya, rajin melakukan streaming musik, membeli album yang kadang lebih dari satu buah, melakukan vote agar grupnya menang penghargaan, dan aktif mengikuti berbagai event fandom.

Tak cuma konten terkait musik, mereka juga akan menonton program non-musik dari grup idolanya. Mulai dari reality show, penampilan di variety show, dan konten lainnya.

Para stan biasanya juga memiliki foto profil grup atau member idolanya alias bias untuk akun media sosial mereka. Bagian belakang ponsel mereka juga biasanya dihiasi photocard idolanya itu, termasuk juga ditaruh di dompet atau dijadikan gantungan tas.

Dalam tingkatan yang lebih dewasa, seorangstan juga bisa dimaknai sebagai penggemar yang memegang atau mengikuti nilai-nilai yang disampaikan grup idola mereka lewat lirik-lirik lagunya.

2. Multistan/Casual Fans

5 Tipe Pendengar K-Pop atau K-Popers, Nomor 4 Harus Dijauhi!

Foto: Freepik

Penggemar kasual atau multi adalah mereka yang menyukai beberapa grup K-pop sekaligus. Mereka menyukai musiknya, dan atau menyukai beberapa member dari grup tersebut.

Meski begitu, umumnya mereka tidak terlalu berdedikasi tinggi seperti layaknya seorang stan. Bisa saja mereka hanya menyukai musiknya dan mendengarkan di kala waktu luang saja.

Bisa jadi, mereka juga hanya menyukai konten non-musik grup-grup tersebut karena hanya menyukai sosok idol-nya saja.

Karena itulah, umumnya mereka hanya mengetahui beberapa informasi umum saja tentang grup atau member grupnya. Mereka juga bisa dibilang tidak terlalu memaksakan diri untuk membeli album atau merchandise dari grup-grup yang disukainya.

Tidak menutup kemungkinan, seorang multi memiliki satu grup yang ia stan alias level dedikasi yang ia berikan ada di atas grup-grup lainnya yang ia sukai.

3. Casual Listener

5 Tipe Pendengar K-Pop atau K-Popers, Nomor 4 Harus Dijauhi!

Foto: Shutterstock

Jenis pendengar K-pop berikutnya adalah casual listener atau pendengar umum. Mereka umumnya mengetahui lagu K-pop karena lagunya sedang populer atau viral di media sosial.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1556 seconds (0.1#10.140)