Jembatan Gantung Leuwi Ipuh di Lebak Putus, 15 Warga Jatuh ke Sungai

Jum'at, 12 April 2024 - 09:40 WIB
loading...
Jembatan Gantung Leuwi Ipuh di Lebak Putus, 15 Warga Jatuh ke Sungai
15 orang jatuh ke sungai setelah jembatan gantung yang dilalui warga putus di Desa Leuwi Ipuh, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Lebak, Banten. Foto: iNews TV/Iskandar Nasution
A A A
LEBAK - Sebanyak 15 orang jatuh ke sungai setelah jembatan gantung yang sedang dilalui warga dilaporkan putus di Desa Leuwi Ipuh, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Lebak, Banten. Peristiwa jatuhnya para korban tersebut sempat terekam video dan viral di media sosial.

Akibatnya, para korban mengalami luka-luka dan trauma, namun tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Video amatir merekam detik-detik jembatan gantung terputus setelah dilintasi oleh 15 orang warga.

Mereka merupakan para paziarah dari Desa Leuwi Ipuh, Kecamatan Banjarsari, Lebak, Banten, pada Rabu 10 April 2024. Penyebab putusnya jembatan diduga akibat tali seling yang tidak kuat menahan beban 15 orang sekaligus.



Jembatan terlihat sudah tidak layak untuk dilalui, dengan lantai berbahan batang bambu dan tali seling kawat yang terputus. Informasi yang diperoleh menyebutkan bahwa jembatan tersebut sudah lama rusak namun belum ada perbaikan.

Salah satu korban yang jatuh adalah Sinta, yang juga perekam video saat peristiwa terjadi. Sinta mengatakan, peristiwa tersebut terjadi pada Rabu (10/4/2024) saat dia dan rombongan warga lain pulang dari aktivitas ziarah kubur.

Sementara warga lainnya, Hendrik Arrizqy menyalahkan Pemdes Leuwi Ipuh dan pihak PTPN Wilayah III Kertajaya. Menurutnya, keseriusan PTPN III terkait masalah sosial, ekonomi, dan pendidikan masyarakat harus dipertanyakan.



Hendrik menegaskan bahwa pemerintah desa harus memiliki inisiatif dan jiwa sosial tinggi dalam memperhatikan pembangunan jembatan gantung.

“Karena dalam situasi apapun semua orang pastilah mengetahui mengenai anggaran desa yang setiap tahunnya digelontorkan. Jangan tutup mata, jangan sampai memakan korban jiwa baru bertindak, segera perbaiki,” tegasnya.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6339 seconds (0.1#10.140)