Ini Alasan AS Tidak Mau Terlibat Perang Langsung antara Iran dan Israel

Jum'at, 12 April 2024 - 08:20 WIB
loading...
Ini Alasan AS Tidak Mau Terlibat Perang Langsung antara Iran dan Israel
AS memiliki banyak alasan tak ingin terlibat perang dengan Iran. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Amerika Serikat (AS) memperkirakan akan terjadi serangan Iran terhadap Israel. Namun serangan tersebut tidak akan cukup besar untuk menarik Washington ke dalam perang. Itu diungkapkan seorang pejabat AS yang enggan disebutkan namanya.

Gedung Putih mengatakan sebelumnya bahwa Washington tidak menginginkan konflik, untuk menyebar di Timur Tengah dan AS telah mengatakan kepada Iran bahwa mereka tidak terlibat dalam serangan udara terhadap komandan militer Iran di Damaskus.

Gedung Putih menambahkan pihaknya memperingatkan Iran untuk tidak menggunakan serangan itu sebagai alasan untuk meningkatkan eskalasi lebih lanjut di wilayah tersebut.

Pesawat-pesawat tempur Israel yang diduga mengebom kedutaan Iran di Damaskus, pada hari Senin dalam sebuah serangan yang Iran telah bersumpah akan membalas dendam dan menewaskan seorang jenderal penting Iran dan enam perwira militer Iran lainnya, meningkatkan ketegangan di wilayah yang sudah tegang karena perang Gaza.

Sumber-sumber Iran mengatakan kepada Reuters bahwa Teheran telah memberi isyarat, bagi Washington bahwa mereka akan menanggapi serangan Israel terhadap kedutaan besarnya di Suriah dengan cara yang bertujuan untuk menghindari eskalasi besar dan tidak akan bertindak tergesa-gesa, ketika Teheran mengajukan tuntutan termasuk gencatan senjata di Gaza.



Amerika Serikat sangat waspada terhadap kemungkinan serangan balasan dari Iran dan utusan AS telah berupaya menurunkan ketegangan.

Kelompok Islam Palestina Hamas menyerang Israel, pada 7 Oktober, menewaskan 1.200 orang, menurut penghitungan Israel. Serangan militer Israel terhadap Gaza yang dikuasai Hamas telah menewaskan lebih dari 33.000 orang menurut kementerian kesehatan setempat, membuat hampir seluruh 2,3 juta penduduk Gaza mengungsi, menyebabkan krisis kemanusiaan dan menyebabkan genosida, tuduhan yang dibantah Israel.

Seperti yang baru saja saya sebutkan, hal ini terjadi di Damaskus, dan kami memperingatkan Iran untuk tidak menggunakan serangan ini sebagai alasan untuk melakukan eskalasi lebih jauh di kawasan atau menyerang fasilitas atau personel AS.

Kelompok-kelompok yang didukung Iran telah menyatakan dukungannya terhadap Palestina, melancarkan serangan dari Lebanon, Yaman dan Irak. Teheran menghindari konfrontasi langsung dengan Israel atau Amerika Serikat, sambil menyatakan dukungannya kepada sekutu-sekutunya.

(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1054 seconds (0.1#10.140)