Tol Bocimi Arah Sukabumi Dibuka Siang Ini, Contraflow Jalur Jakarta Digunakan

Kamis, 11 April 2024 - 13:15 WIB
loading...
Tol Bocimi Arah Sukabumi Dibuka Siang Ini, Contraflow Jalur Jakarta Digunakan
Jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) arah Sukabumi akan dibuka untuk umum pada H+1 lebaran Idulfitri 2024, Kamis (11/4/2024) siang ini. Foto/Dok.Sindonews
A A A
SUKABUMI - Kabar gembira bagi para pemudik yang ingin menuju Sukabumi! Jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) arah Sukabumi akan dibuka untuk umum pada H+1 lebaran Idul Fitri 2024, Kamis (11/4/2024) siang ini.

Sebelumnya, tol Bocimi sempat ditutup total akibat longsor di KM 64 arah Sukabumi. Namun, setelah dilakukan perbaikan temporer dan uji coba, akhirnya tol Bocimi bisa kembali dilalui dengan sistem contraflow.

Awalnya longsor yang menimbulkan lubang besar terjadi di bahu jalan dan jalur 1 arah Sukabumi. Namun dikarenakan ada longsor susulan, jalur 2 ikut terkena longsoran sehingga semua jalur arah Sukabumi terputus total.

Semua kendaraan baik yang akan dan menuju Sukabumi keluar dan masuk di GT Cigombong, selanjutnya kendaraan masuk di jalan nasional Sukabumi-Bogor melalui Cicurug, Parungkuda, Cibadak hingga Cisaat dan akhirnya masuk Kota Sukabumi.



Setelah melakukan perbaikan temporer dan dilakukan uji coba, siang ini tol Bocimi dibuka untuk satu arah dari Jakarta menuju Sukabumi dengan melakukan contraflow (lawan arah) menggunakan jalur arah Jakarta dari Sukabumi.

Kasat Lantas Polres Sukabumi, AKP Fiekry Adi Perdana mengatakan, khusus untuk kendaraan Golongan I meliputi sedan dan minibus, siang ini sudah bisa melewati jalan tol Bocimi dari Jakarta ke arah Sukabumi, hingga GT Parungkuda.

"Untuk kendaraan yang akan menuju Sukabumi dari arah Jakarta bisa melewati jalan tol Bocimi hingga GT Parungkuda. Namun untuk arah sebaliknya dari Sukabumi ke Jakarta tetap melalui GT Cigombong," ujar Fiekry.

Adapun rencananya pengoperasiannya, lanjut Fiekry, akan dibatasi hingga pukul 17.00 WIB dan atau Korlantas akan melihat situasional kondisi lalu lintas di jalan Nasional Sukabumi-Bogor untuk mempertimbangkan membuka jalan tol Bocimi arah Sukabumi hingga GT Parungkuda.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2835 seconds (0.1#10.140)