6 Tips Jaga Timbangan Badan Tetap Stabil usai Lahap Menyantap Menu Lebaran

Kamis, 11 April 2024 - 02:20 WIB
loading...
6 Tips Jaga Timbangan Badan Tetap Stabil usai Lahap Menyantap Menu Lebaran
Kalau terus-terusan kalap makan menu lebaran, maka Anda harus bersiap-siap untuk menghadapi angka timbangan yang semakin bertambah. Foto Ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Lebaran menjadi waktu yang paling ditunggu-tunggu. Bukan cuma bersilaturahmi bersama sanak saudara, melainkan juga untuk menyantap berbagai macam menu makanan khas lebaran.

Makanan seperti opor ayam, sayur ketupat, sambal goreng ati, dan rendang kerap kali bikin kalap saat menyantapnya. Terlebih jika disantapnya bersama dengan keluarga tercinta.

Belum lagi menyantap berbagai camilan dan kue-kue lebaran. Kalau terus-terusan kalap, maka Anda harus bersiap-siap untuk menghadapi angka timbangan yang semakin bertambah.



Oleh karenanya, dibutuhkan beberapa strategi khusus untuk mengatasi rasa kalap saat menyantap makanan lebaran. Penasaran? Yuk simak ulasan selengkapnya, seperti dilansir EMC Health Care, Kamis (11/4/2024).

1. Kurangi Konsumsi Gula

Kue-kue dan minuman manis memang tampak menggoda ketika hari lebaran. Namun, Anda sebaiknya mengurangi konsumsi makanan ataupun minuman manis berlebih. Sebab hal ini bisa meningkatkan risiko obesitas, diabetes, dan penyakit jantung

2. Jangan Lewatkan Sarapan

Sesibuk apa pun Anda pada momen lebaran, sebaiknya tetap menyempatkan waktu untuk sarapan. Pasalnya, sarapan bisa mencegah tubuh merasa lapar yang berlebih. Sehingga ketika makan siang, Anda tidak kalap dalam mengambil porsi makan.

3. Perhatikan Porsi Makan

Jika ada banyak menu santapan lebaran, Anda bisa cicipi semuanya tetapi dalam ukuran porsi yang kecil dan sedikit. Hal ini bisa menghindari makan berlebihan yang bisa membuat perut tak nyaman dan naik berat badan berlebih. Sebaiknya Anda juga mengunyah makanan secara perlahan agar bisa dicerna tubuh dengan sempurna.


4. Minum Air yang Cukup

Asupan cairan tubuh juga tak kalah penting untuk diperhatikan selama merayakan lebaran. Sering kali orang-orang lupa minum air putih hanya karena lebih memilih untuk minum minuman manis. Air putih juga membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh dan menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh.

5. Konsumsi Serat dari Sayur dan Buah

Selain kaya vitamin, buah dan sayur juga mengandung serat yang baik untuk kesehatan dan dapat mencukupi asupan serat bagi tubuh. Buah dan sayur bisa meningkatkan kekebalan tubuh serta memperlancar sistem pencernaan.

6. Rutin Berolahraga

Meskipun sedang lebaran bukan berarti Anda bisa melewatkan olahraga. Olahraga tetap bisa Anda lakukan secara rutin di sore hari, setelah berkumpul dengan sanak saudara. Anda bisa lakukan jalan kaki atau lari, setiap hari selama 30 menit. Dengan rutin berolahraga, tubuh menjadi bugar walaupun saat lebaran porsi makan lebih banyak dari biasanya.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0871 seconds (0.1#10.140)