alexametrics

Ciptakan E Gamelan, Udinus Jadi Kampus Kreatif Berbasis Teknologi

loading...
Ciptakan E Gamelan, Udinus Jadi Kampus Kreatif Berbasis Teknologi
Universitas Dian Nuswantoro Semarang mengukir prestasi di bidang pendidikan seni dan budaya. Melalui tangan-tangan kreatif mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer, berhasil membuahkan karya seni budaya berbasis teknologi yang inovatif. Foto SINDOnews/A Antoni
A+ A-
SEMARANG - Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang mengukir prestasi di bidang pendidikan seni dan budaya. Melalui ‘tangan-tangan’ kreatif mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer, berhasil membuahkan karya seni budaya berbasis teknologi yang cukup inovatif. Karya-karya kreatif dan inovatif tersebut diantaranya, E-Gamelan, E-Macapat, Madhang Id, Kandhani.com dan Benthik Vr.

Project Leader Galaxy Techno Art Lisa Mardiana menjelaskan, E-Gamelan adalah media pelestari warisan budaya Gamelan berbasis teknologi, sedangkan E-Macapat merupakan media pelestari warisan budaya macapat berbasis teknologi.

“Untuk Madhang Id adalah media pelestari kuliner lokal berbasis teknologi, Khandhani.com yakni media informasi pelestari seni budaya berbasis teknologi, dan Benthik Vr merupakan game pelestarian permainan tradisional benthic berbasis teknologi,” jelas Lisa.



Atas torehan karya kreatif tersebut, Lembaga Prestasi lndonesia Dunia (Leprid) menganegerahi Udinus Semarang atas prestasinya sebagai Universitas Kreatif Pelestari Warisan Seni Budaya Berbasis Teknologi (E-Gamelan, E-Macapat, Madhang Id, Kandhani.com dan Benthik Vr).

“Ini merupakan penghargaan dalam pelestarian warisan seni budaya. Fakultas Ilmu Komputer ini merupakan hal yang sangat penting, karena berhubungan dengan teknologi, IT dan lain sebagainya. Dan ternyata mereka punya kepedulian terhadap seni budaya. Mereka memadukannya dengan kemajuan teknologi dalam melestarikan budaya dengan menjadikan nama E-Macapat, Madhang Id, Kandhani.com dan Benthik Vr,” kata Ketua Umum dan Pendiri Leprid, Paulus Pangka.

Menurutnya, belum ada universitas lain di Indonesia seperti yang dilakukan Udinus, sehingga pihaknya memberikan penganugerahan sebagai Universitas Kreatif Pelestari Warisan Seni Budaya Berbasis Teknologi.

“Harapan kami, mereka selalu melestarikan seni budaya. Untuk itu, mari kita dukung kegiatan-kegiatan anak muda dalam melestarikan budaya ini untuk Indonesia dan dunia,” timpalnya.

Sementara, ke lima karya kreatif dan inovatif para mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Udinus ditampilkan dalam event Galaxy Technoart di Atrium Mal Ciputra Semarang,kemarin Menurut Wakil Rektor Udinus, Supriadi Rustad, kegiatan ini sebagai upaya memberikan kontribusi dunia pendidikan untuk mendorong perkembangan industrif kreatif.

“Kegiatan ini merupakan sebuah rangkaian pertunjukan seni yang dikolaborasikan dengan bidang teknologi, sosial dan science,” ujarnya.
(sms)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak