Fenomena Cincin Asap Terlihat di Atas Gunung Berapi Italia

Senin, 08 April 2024 - 20:33 WIB
loading...
Fenomena Cincin Asap Terlihat di Atas Gunung Berapi Italia
Fenomena Cincin Asap. FOTO/ DAILY
A A A
MILAN - Fenomena 'cincin asap' di gunung berapi di Italia menarik perhatian netizen dan menjadi viral di platform media sosial,.

Gunung Etna mengeluarkan lebih banyak asap dibandingkan gunung berapi lainnya.



Hal ini terjadi karena pelepasan uap dan gas secara terus menerus yang jarang terjadi pada gunung berapi lainnya.

Menurut para ahli, massa gas yang naik dengan cepat melalui bagian tengah saluran akan menyebabkan terbentuknya cincin dengan membungkus gas dalam gerakan berputar.

Fenomena ini membuat penduduk setempat menjuluki gunung berapi tersebut dengan sebutan 'Lady of the Rings'.

Fenomena cincin asap adalah kejadian alam yang jarang terjadi di mana cincin asap besar terbentuk di langit. Cincin tersebut dapat disebabkan oleh sejumlah faktor, termasuk letusan gunung berapi, kebakaran hutan, dan bahkan aktivitas manusia.

Salah satu contoh paling terkenal dari asap cincin fenomena adalah cincin asap Krakatau. Pada tahun 1883, gunung berapi Krakatau di Indonesia meletus dengan kekuatan yang sangat besar. Letusan tersebut menyebabkan pembentukan cincin asap besar yang terlihat di seluruh dunia. Cincin asap bertahan selama beberapa hari dan merupakan pengingat akan kekuatan alam.

Contoh lain dari fenomena cincin asap adalah cincin asap Yarnell Hill. Pada tahun 2013, Kebakaran Hutan Yarnell Hill di Arizona menyebabkan pembentukan cincin asap besar. Cincin asap terlihat dari jarak bermil-mil dan merupakan pengingat akan kekuatan api.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1332 seconds (0.1#10.140)